Breaking News:

Berlaku Sejak Kemarin, Pemumpang Kereta Bisa 'Check in' di Semua Stasiun

Check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas melayani calon penumpang yang membeli dan memesan tiket di loket tiket Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Kamis (13/4/2017). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung menyediakan tiket kereta api tambahan Lebaran yang mulai dijual pada Minggu, 16 April 2017 melalui website KAI, aplikasi KAI Access, contact centre 121, pemesanan online melalui berbagai channel eksternal, dan di gerai-gerai minimarket yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Tiket tambahan Lebaran tersebut untuk 40.700 tempat duduk keberangkatan 15 Juni sampai dengan 6 Juli 2017. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Mulai 17 Januari 2019, PT Kereta Api Indonesia ( KAI) memberlakukan aturan baru check-in. Penumpang yang telah mendapatkan bukti pembelian tiket berpula blanko tiket putih, email notifikasi, struk, dan e-ticket dapat melakukan check-in (mencetak boarding pass).

“Bisa check-in di counter di semua stasiun online yang melayani KA ( kereta api) jarak jauh,” ujar Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, dalam rilisnya, Jumay (18/1/2019).

Joni mengatakan, check-in di seluruh stasiun online ini hanya dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 (24 jam) sebelum keberangkatan kereta.

Misal, penumpang KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) yang akan berangkat 2 Februari 2019. Penumpang dapat check-in di Stasiun Semarang Tawang selambat lambatnya 1 Februari 2019.

Baca: Kemenhub Pangkas Dana Perawatan dan Pengoperasian Kereta Api Rp 200 Miliar

Jika kurang dari 24 jam, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatannya dan stasiun antara sesuai relasi tiket kereta api.

“Kan sebelumnya, penumpang hanya bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatan saja. Nah dengan ketentuan baru ini, penumpang bisa check-in di stasiun online mana saja,” tutur Joni.

Kebijakan ini, sambung Joni, diberlakukan untuk memberikan kemudahan kepada penumpang yang akan menggunakan kereta api.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 17 Januari 2019, Penumpang KAI Bisa "Check-in" di Semua Stasiun Online" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved