PLN Kini Punya Bisnis Persewaaan Power Bank Jumbo, 50 Persen Lebih Murah dari Genset

“Perangkat mobile ini lebih efisien, efektif, dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil seperti genset yang pakai diesel"

PLN Kini Punya Bisnis Persewaaan Power Bank Jumbo, 50 Persen Lebih Murah dari Genset
KONTAN/IST
Bisnis penyewaan Power Bank Jumbo dari PT PLN (Persero) 

Laporan Reporter: Azis Husaini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi pengusaha event organizer atau penyelenggara acara, fungsi daya listrik sangat vital, laiknya darah yang mengalir memberi energi ke seluruh bagian tubuh. Bagaimana tidak, acara-acara yang dihadiri ribuan hingga puluhan ribu orang, sangat membutuhkan listrik untuk menunjang berbagai infrastrukturnya.

Misalnya, bisnis tata cahaya, tata suara sampai penerangan di lahan parkir dan toilet, semua membutuhkan daya listrik yang bisa diandalkan, agar acara berjalan lancar dari awal hingga selesai. Dengan demikian, pengunjung dan para pengisi acara pun akan terpuaskan.

Permasalahannya, penyelenggara acara membutuhkan pasokan daya listrik yang andal dan berkapasitas besar, untuk mendukung acara hingga tuntas, sekaligus juga berharga terjangkau.

Alat generator set atau genset berbahan bakar solar atau bensin yang biasa disewa penyelenggara acara, selama ini menjadi andalan dalam menyediakan daya listrik yang dibutuhkan. Meski diakui, harga yang dikeluarkan juga tidak murah.

Hitung saja, sebuah genset membutuhkan solar sebagai bahan bakar. Hitungannya, setiap liter solar diperkirakan menghasilkan listrik 3 Kwh.

Baca: Xpander Mau Facelift? Mitsubishi: Terlalu Cepat Kalau Kami Umumkan Sekarang

Dengan harga solar non subsidi sekitar Rp 9.000,00 per liter, berarti harga listrik dari genset adalah Rp 3.000,00 per Kwh. Berbeda dengan biaya dari Power Bank Express Power dari PLN yang hanya dikenakan Rp 1.600 per kWh.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka menjelaskan, Power Bank Express Power Service, sebagai alternatif sumber energi listrik untuk memenuhi kegiatan luar ruang (outdoor) dan masa  konstruksi (pembangunan), berfungsi menggantikan genset dan juga dapat meminimalisir gas buang. 

Baca: Dicari! Pick Up Suzuki Carry Paling Jadul dan Ori di Kontes Legenda Carry

Yang membedakannya dengan genset, power bank PLN tidak disewakan, melainkan pelanggan PLN tinggal membeli Kwh, dan besarnya konsumsi listrik akan ditagih kepada pelanggan. Untuk dapat menggunakan power bank express service ini, masyarakat tinggal menghubungi PLN.

“Perangkat mobile ini lebih efisien, efektif, dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil seperti genset yang pakai diesel,” paparnya, dalam siaran pers, Jumat (1/2/2019).

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved