Breaking News:

Menhub Budi Dorong Pengembang Perumahan Fasilitasi Transportasi Massal

Penyediaan angkutan massal seperti bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60 persen pada tahun 2024.

TRIBUNNEWS.COM/RIA A
Menhub Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong para pengembang perumaha untuk memfasilitasi sarana angkutan massal bagi warganya guna mengurangi tingkat kemacetan di perkotaan.

Menurutnya, penyediaan angkutan massal seperti bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60 persen pada tahun 2024.

"Developer perumahan saya ajak untuk memfasilitasi sarana angkutan massal bagi warga di wilayahnya," kata Budi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang, Minggu (3/2/2019).

Dalam peluncuran tersebut, Budi mengimbau Warga Citra Raya Tangerang untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal. "Satu bus bisa melayani hingga 50 penumpang. Selain mengurangi kemacetan juga ramah lingkungan," ucapnya.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga mendorong pengembang perumahan swasta lain dapat berperan dalam menyediakan angkutan umum massal lainnya bagi kebutuhan warga perumahan.

"Saya mengapresiasi peran Citra Raya dalam menyediakan kebutuhan transportasi umum bagi warga dan membantu pemerintah mewujudkan program naik kendaraan umum," ungkapnya.

Baca: Pergi ke Pernikahan Samuel Wongso Bareng Fifi Lety, Putra Ahok Bertemu Sosok Ini: Ada Ayah Palsuku

Ia juga mendorong agar Perum DAMRI bisa mempromosikan angkutan yang baru diluncurkan tersebut dengan tur gratis ke Bandara pada periode tertentu.

Senada dengan Menhub, Dirut Perum DAMRI Setia Milatia Moemin mengatakan, dengan peluncuran JA Connexion di Citra Raya ini diharapkan dapat membantu memindahkan beban penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

"Penggunaan transportasi umum juga dapat mengurangi efek rumah kaca dan menurunkan tingkat polusi," tambah Milatia.

Dia menjelaskan, bus JA Connexion yang diluncurkan memiliki fasilitas premium sehingga penumpang dapat merasa nyaman menggunakan angkutan umum.

Sebanyak 8 armada bus JA Connexion rute Citra Raya Tangerang- Bandara Soekarno Hatta (PP) akan beroperasi mulai pukul 03.00-23.00 WIB setiap hari.

Bus tersebut mulai melayani pada Senin, 4 Maret 2019 dengan tarif Rp. 40.000. Keberadaan bus JA Connexion tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke transportasi umum dan melayani warga Citra Raya Tangerang dan sekitarnya menuju Bandara Soekarno Hatta.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved