ESDM Janji Pasang 2.400 Unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Wilayah Jabar

Jonan mengatakan, pemasangan lampu penerangan yang bersumber dari energi matahari saat ini mencapai 12 persen dari target di wilayah Jawa Barat.

ESDM Janji Pasang 2.400 Unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Wilayah Jabar
TRIBUNNEWS/REYNAS
Contoh lampu penerangan jalan umum sel surya terpasang di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Bogor, Rabu (20/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan berjanji akan membangun sebanyak 2.400 penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di wilayah Jawa Barat.

Jonan menyampaikan hal tersebut saat meresmikan PJU-TS di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kabupaten Bogor, Rabu (20/3/2019). "Tahun ini yang dibangun seluruh Indonesia 21.000, Jawa Barat dapat 2.400," ujar Jonan.

Jonan mengatakan, pemasangan lampu penerangan yang bersumber dari sel tenaga surya saat ini mencapai 12 persen dari target di wilayah Jawa Barat.

Pemerintah memberikan perhatian besar kepada Jawa Barat mengingat besarnya jumlah penduduk di Jawa Barat.

Di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 telah dibangun PJU-TS sebanyak 2.230 Titik, yang tersebar di 10 Kabupaten/Kotaantara lain di Kabupaten Bogor sebanyak 900 titik.

Baca: Sri Mulyani Mengaku Paling Benci Jika Anggaran Dikorupsi

"Tahun ini dibangun tambahan 600 pemasangan tapi diminta Wakil Bupati (Bogor, Iwan Setiawan) 2.000, maka tengahnya saja 1.000, hanya mohon titiknya bisa lebih merata," kata Jonan.

Menurutnya Komponen PJU Tenaga Surya terdiri dari lampu LED dengan 40 watt, lumen 7.064.

Adapun 1 watt terdiri atas 162 lumen dan diklaim memiliki tingkat terang lampu yang sangat baik.

“Semoga dengan adanyapemasangan PJU ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat di Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bogor agar pengembangan perekonomiandapat berjalan lebih cepat,” harap Jonan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved