Pemerintah Resmikan Tiga SPBU Kompak di Pulau Terdepan Indonesia

Melalui program BBM Satu Harga, pemerintah berkomitmen menyalurkan energi ke wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

Pemerintah Resmikan Tiga SPBU Kompak di Pulau Terdepan Indonesia
IST
SPBU di Talaud 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Melalui program BBM Satu Harga, pemerintah berkomitmen menyalurkan energi ke wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto didampingi Retail Fuel Marketing (RFM) Manajer MOR VII PT Pertamina (Persero) I Ketut Permadi Aryakuumara meresmikan tiga SPBU Kompak di Kabupaten Kepulauan Talaud yang terletak di Kecamatan Essang, Kecamatan Nanusa dan Kecamatan Miangas.

Ketiga SPBU Kompak tersebut merupakan bagian dari 133 lembaga penyalur BBM yang telah beroperasi sejak dimulainya Program BBM Satu Harga pada 2017.

Melalui program BBM Satu Harga, Pemerintah bersama Pertamina berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia.

Ini sejalan dengan Nawacita untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dalam kerangka negara kesatuan. Sehingga dipandang perlu mengakselerasi program BBM Satu Harga.

Baca: Dikira Istirahat Tidur, Sopir Truk Ditemukan Tak Bernyawa Saat Parkir di SPBU Jombang

"Masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud bisa mendapatkan pasokan BBM dengan harga sesuai yang ditetapkan Pemerintah, Premium Rp 6.450/liter dan Solar Rp 5.150,-/liter,” ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto.

Sebelum dibangun lembaga penyalur di ketiga lokasi tersebut, warga harus membeli BBM jenis Solar dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga 15.000 dan BBM Premium dengan harga sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Kepulauan Talaud merupakan salah satu daerah terdepan di Indonesia. Miangas khususnya, merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan Mindanao – Filipina.

Jaraknya lebih dekat ke Davao (48 mil laut) daripada ke Melonguane (110 mil laut). Oleh karena itu, Pemerintah menugaskan PT Pertamina mendirikan 5 lembaga penyalur BBM 1 harga di Kepulauan Talaud yaitu di Melonguane, Kabaruan, Essang, Miangas, dan Nanusa.

“Kebutuhan BBM di Kabupaten Kepulauan Talaud tahun 2018 rata-rata mencapai 247 KL per bulan. Adanya SPBU Kompak ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan BBM serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Talaud,” timpal Ketut Permadi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved