Grab Siapkan Dana Rp. 3 Triliun untuk Akuisisi Startup di Sektor Pertanian dan UMKM

Para startup juga dijanjikan akses ke jaringan penasihat C-level serta ahli internal dan ekstemal yang dimiliki Grab.

Grab Siapkan Dana Rp. 3 Triliun untuk Akuisisi Startup di Sektor Pertanian dan UMKM
TRIBUNNEWS/RIA
Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibarita (tengah) saat jumpa pers di Satrio Tower, Jakarta, Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan ride hailing Grab kembali meluncurkan program inkubasi Grab Venture Velocity (GVV) angkatan kedua mulai 10 April hingga 15 Mei 2019 mendatang dengan menyiapkan modal Rp 3 triliun.

GVV bertujuan mendukung startup Tanah Air yang sedang berkembang agar naik kelas (scale up). 

"Ini komitmen Grab untuk dukung startup di Indonesia. Dengan siapkan Rp. 3 triliun, beberapa waktu lalu batch 1 sukses, jadi saatnya batch ke-2," kata Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibarita saat jumpa pers di Satrio Tower, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Di program inkubasi ini Grab menyediakan sejumlah dukungan termasuk akses terhadap pasar (market access), mentorship, keahlian teknologi, dan investasi strategis.

GVV angkatan satu sudah menjebolkan tiga startup dari Indonesia, yaitu BookMyShow, Sejasa dan Minutes. Untuk angkatan kedua, yang berlangsung dari Juni hingga Agustus tahun ini, temanya adalah Memberdayakan Pengusaha Mikro di Asia Tenggara.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini fokus mencari startup-startup di bidang Pemberdayaan Petani (Empower Farmers) dan Pemberdayaan Usaha Kecil (Empower Small Businesses).

Baca: Utang untuk Proyek MRT Jakarta ke Jepang Akan Lunas dalam 40 Tahun

"Grab punya program tingkatkan pemberdayaan wirausahaan mikro. Di Indonesia sekarang jumlahnya 5 juta ingin jadi double. Melalui diskusi pemerintah juga fokusnya di pertanian dan UMKM," jelas Ridzki.

Jjalur pemberdayaan pertani akan memilih 3-5 startup dari Asia Tenggara yang membantu rantai pasokan makanan segar tradisional, seperti daging,buah-buahan dan sayuran.  

Kemudian jalur Pemberdayaan Usaha Kecil (Empower Small Businesses) berupaya menemukan startup yang memelopori solusi inovatif untuk memberdayakan pedagang kecil dengan cara menurunkan biaya dan menyederhanakan operasional mereka serta meningkatkan pendapatan mereka.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved