Lebaran 2019

Jelang Lebaran, Menhub Akan Kumpulkan Maskapai Bahas Tarif

Budi memperkirakan, moda transportasi yang akan populer digunakan masyarakat tahun ini adalah pesawat dan bus.

Jelang Lebaran, Menhub Akan Kumpulkan Maskapai Bahas Tarif
Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di ?Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com,Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Periode mudik lebaran 2019 sudah semakin dekat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya akan mengundang satu-persatu pihak maskapai penerbangan agar tarif tiket pesawat terjangkau bagi masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman.

"Udara akan menjadi primadona walaupun akan bergeser karena tingginya tarif. Oleh karenanya saya akan mengundang satu-persatu maskapai penerbangan untuk membahas bagaimana tarif bisa terjangkau oleh masyarakat," ungkap Menhub Budi usai rapat koordinasi persiapan angkutan mudik lebaran di kantornya, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Budi Karya Sumadi memperkirakan, moda transportasi yang akan populer digunakan masyarakat tahun ini adalah pesawat dan bus.

Baca: Jokowi Effect Usai Pencoblosan: IHSG Melesat, Rupiah Menguat

Baca: Kemenhub Gelar Rakor Persiapan Mudik Lebaran

"Kalau dilihat secara umum bahwa kegiatan mudik itu akan masif di udara dan darat. Di udara karena kegiatan kita antarpulau mengharuskan masyarakat naik pesawat dan juga darat apalagi dengan adanya jalan tol," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta semua stakeholder agar memerhatikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Salah satunya dengan melakukan uji kelaikan atau rampcheck.

"Darat karena angka kecelakaan tinggi di darat, itu diakibatkan oleh kendaraan khususnya motor.

Oleh karenanya mudik lebaran kali ini yang berkaitan dengan kegiatan yang masif, kami menganjurkan saudara-saudara kami tercinta agar tidak menggunakan sepeda motor karena kecelakaannya itu angkanya hingga 70 persen," ucap Budi.

"Udara yang tidak kalah pentingnya adalah rampcheck karena untuk cegah kecelakaan. Kita juga minta maskapai agar perhatikan pilot-pilot dan awak kanin itu semua dalam keadaan sehat," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved