Paris Air Show 2019

AirAsia Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Pesawat A330neo di Asia-Pasifik

Maskapai penerbangan Air Asia memperkenalkan pesawat terbaru mereka, A330neo buatan Airbus.

AirAsia Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Pesawat A330neo di Asia-Pasifik
Tribunnews.com/Malvyandie
AirAsia akan menerbangkan pesawat A330neo pertama di Asia-Pasifik. Pesawat yang diklaim irit bahan bakar ini akan melayani penerbangan jarak jauh di Asia dan Pasifik. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Malvyandie dari Paris

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Maskapai penerbangan Air Asia memperkenalkan pesawat terbaru mereka, A330neo buatan Airbus.

Air Asia menjadi maskapai penerbangan pertama di Asia Pasifik yang bakal mengoperasikan pesawat yang diklaim memiliki keunggulan soal efisiensi bahan bakar tersebut.

Seremoni perkenalan ini dilakukan dalam ajang pameran dirgantara terbesar dunia, Paris Air Show 2019, Bandara Le Bourget, Senin (17/6/2019).

Acara ini dihadiri sejumlah petinggi Air Asia, mulai Komisaris AirAsia X Tan Sri Rafidah Aziz hingga CEO AirAsia X Group Nadda Buranasiri. Selain itu, terlihat juga Chief Commercial Officer (CCO) Airbus Christian Scherer, dan President Civil Aerospace Rolls-Royce Chris Cholerton.

kabin kru air asia
Kabin kru Air Asia dalam pameran Paris Air Show.

Baca: Paris Air Show: Persaingan Sengit Airbus dan Boeing Menjual Pesawat Komersil

“Ini merupakan perkembangan yang luar biasa bagi industri penerbangan, terutama untuk para pelanggan kami. Pesawat ini juga mengubah penerbangan jarak jauh menjadi lebih terjangkau. AirAsia bangga sekali lagi menjadi yang pertama mengoperasikan pesawat generasi terbaru A330neo,” kata Buranasiri kepada para wartawan.

Rencananya, pesawat A330neo ini akan ditempatkan di Don Mueang International Airport, Bangkok, Thailand. Rute baru yang potensial dilayani pesawat ini antara lain terbang ke Australia, Jepang, dan Korea Selatan.

Menurut Buranasiri AirAsia sudah memesan 66 pesawat A330neo, dan dua di antaranya sudah didapat dengan leasing.

Keunggulan A330neo

Buranasiri menambahkan, selain efisien, pesawat ini juga sudah melalui proses modifikasi kabin yang diklaim lebih nyaman dibanding pesawat lorong tunggal lainnya.

“Penumpang akan bisa melihat langsung bedanya, ruang duduk yang lebih lega, ruang penyimpang barang yang lebih besar, colokan listrik di setiap tempat duduk, dan suara di kabin yang tidak berisik,” katanya.

Dikatakan Buranasiri, hadirnya pesawat baru ini membuka peluang adanya rute-rute baru yang bisa dibuka dengan penerbangan langsung atau direct.

"“Datangnya A330neo meningkatkan peluang kami buka rute baru. Mungkin saja nanti ada penerbangan langsung ke Eropa atau Amerika Serikat (AS),” tambahnya.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved