Tahun Depan, Facebook Siap Luncurkan Mata Uang Kripto

Untuk meluncurkan mata uang digital ini, Facebook harus rela merogoh kantung lebih dalam sehingga menguras pendapatan

Tahun Depan, Facebook Siap Luncurkan Mata Uang Kripto
CNET
Logo facebook 

TRIBUNNEWS.COM - Facebook Inc berencana untuk meluncurkan mata uang digital (cryptocurrency) bernama Libra.

Peluncuran mata uang digital ini telah memperluas jaringan bisnis Facebook bukan hanya jejaring sosial tetapi meluas hingga ke e-commerce serta pembayaran digital di tingkat global.

Perusahaan ini telah terhubung dengan 28 mitra yang berbasis di Jenewa, Swiss yang disebut Libra Association. Kehadiran asosiasi ini akan mengatur kerja koin digital baru yang akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2020, menurut para para eksekutif.

Facebook juga telah membuat anak perusahaan bernama Calibra, yang akan menawarkan dompet digital untuk menyimpan, mengirim, serta menawarkan Libra.

Nantinya Calibra akan terhubung dengan platform Facebook Messenger dan Whatsaap yang kini telah memiliki satu miliar pengguna.

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California ini punya harapan besar terhadap Libra, namun masih terganjal kebijakan perlindungan privasi dan data pribadi konsumen yang dapat menjadi batu sandungan ke depan.

Baca: SEDANG TAYANG - Link Live Streaming Persib vs Tira Persikabo, di Indosiar dan Vidio.Com

Meski demikian, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berambisi agar Libra tidak hanya memperkuat transaksi elektronik antara konsumen kelas menengah atas dengan jejaring bisnis global, tetapi juga menawarkan para konsumen belum tersentuh akses keuangan perbankan.

Penggunaan nama Libra sendiri terinspirasi oleh alat ukur berat di masa Romawi, sebagai tanda astrologi untuk lambang keadilan dan kebebasan, menurut mantan eksekutif PayPal David Marcus yang memimpin proyek Facebook ini.

"Kebebasan, keadilan, dan uang, itulah tepatnya yang kami coba lakukan di sini," kata Marcus, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (18/6).

Untuk meluncurkan mata uang digital ini, Facebook harus rela merogoh kantung lebih dalam sehingga menguras pendapatan dari aplikasi pesan instan milik Facebook.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved