Paris Air Show 2019

Maskapai Air Asia Beli 200 Mesin Pesawat LEAP-1A Seharga Ratusan Triliun Rupiah

Maskapai penerbangan Air Asia membeli 200 mesin pesawat jenis LEAP-1A dari CFM International.

Maskapai Air Asia Beli 200 Mesin Pesawat LEAP-1A Seharga Ratusan Triliun Rupiah
AirAsia
Penandatanganan kontrak pembelian mesin pesawat antara Gaël Méheust, President and CEO of CFM International dan Datuk Kamarudin Meranun, AirAsia Group Berhad Executive Chairman di Le Bourget, Paris, Selasa (18/6/2019) waktu setempat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Malvyandie dari Paris

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Maskapai penerbangan Air Asia membeli 200 mesin pesawat jenis LEAP-1A dari CFM International.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama antara kedua pihak di sela pameran dirgantara Paris Air Show 2019 di Le Bourget, Paris, Selasa (18/6/2019) waktu setempat.

Pihak Air Asia menjelaskan, pembelian mesin itu merupakan bagian dari kerja sama yang nilainya US$ 23,1 miliar atau setara Rp 335 triliun.

Rencananya sebanyak 200 mesin pesawat tersebut bakal dipasang ke 100 pesawat Airbus A321neo yang dioperasikan oleh maskapai asal Malaysia tersebut.

Komisaris Eksekutif AirAsia Group Datuk Kamarudin Meranun mengatakan, dalam proyek jangka panjangnya, Air Asia akan mengandalkan Airbus A321neo sebagai pesawat yang berkapasitas cukup besar.

"Untuk itulah kami harus memilih mesin yang tepat untuk menerbangkan armada itu. Penting karena akan  menyukseskan strategi yang kami pilih," ujarnya kepada wartawan setelah penandatanganan kontrak.

Baca: Berita Foto: Aksi Awak Kabin Air Asia Menyambut Tamu Undangan di Perkenalan Pesawat A330neo

Baca: Air Asia Dinobatkan Sebagai Maskapai Low-Cost Terbaik Dunia

Baca: Paris Air Show: Persaingan Sengit Airbus dan Boeing Menjual Pesawat Komersil

Baca: AirAsia Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Pesawat A330neo di Asia-Pasifik

Rute Bangkok-Brisbane

Sebelumnya, pada hari pertama pelaksanaan Paris Air Show 2019, Air Asia juga telah memperkenalkan pesawat terbaru mereka, A330neo buatan Airbus.

Air Asia menjadi maskapai penerbangan pertama di Asia Pasifik yang bakal mengoperasikan pesawat yang diklaim memiliki keunggulan soal efisiensi bahan bakar tersebut.

Kru kabin Air Asia turut menyambut undangan yang menghadiri peluncuran pesawat terbaru maskapai tersebut, A330 Neo di Paris, Senin (17/6/2019)
Kru kabin Air Asia turut menyambut undangan yang menghadiri peluncuran pesawat terbaru maskapai tersebut, A330 Neo di Paris, Senin (17/6/2019) (AirAsia)
Halaman
12
Penulis: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved