KEIN Siapkan 'Roadmap' Industri Kreatif Indonesia 2045

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mempersiapkan roadmap industri kreatif Indonesia hingga tahun 2045.

KEIN Siapkan 'Roadmap' Industri Kreatif Indonesia 2045
ist
Soetrisno Bachir 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mempersiapkan roadmap industri kreatif Indonesia hingga tahun 2045.

Persiapan tersebut dilakukan setelah Ketua KEIN Soetrisno Bachir diberi instruksi Presiden Joko Widodo agar peta jalan tersebut segera dibuat.

“Roadmap industri kreatif ini sangat penting karena potensi besar Indonesia. Industri kreatif tumbuh pesat dibarengi dengan bonus demografi. Jumlah penduduk usia produktif bakal sangat besar yang akan melesatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Soetrisno Bachir dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019).

Ketua Pokja Industri Kreatif Irfan Wahid mengatakan, industri kreatif sering disebut sebagai industri masa depan Indonesia.

Penyebutan ini tak salah, sebab, industri tersebut berhasil berkontribusi sebesar Rp 1,009 triliun terhadap PDB Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Baca: Tak Ada Saksi Bisa Buktikan Kecurangan, TKN Yakin MK Akan Tolak Gugatan Tim Hukum Prabowo-Sandi

“Industri ini telah menyerap angka tenaga kerja sebanyak 17,43 juta tenaga kerja Indonesia, dan masih akan tumbuh pesat lagi. Dengan potensi sebesar ini, kita perlu tahu di mana kita bisa melakukan optimasi. Di mana bottlenecking atau sumbatan yang perlu kita buka agar semakin pesat lagi pertumbuhannya,” kata Irfan Wahid yang akrab dipanggil Ipang Wahid tersebut.

Apalagi, kata Irfan, perilaku konsumen semakin mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif yang beririsan dengan ekonomi digital.

Pada 2016 lalu, misalnya. Sebanyak 63,5 persen pengguna internet bertransaksi melalui online.

Dia mengatakan, dalam rapat tersebut dibagas detail mengenai beberapa aspek yang menjadi tantangan bangsa ini ke depan.

Yakni, sumber daya manusia (SDM), literasi digital, hingga sinergi antara kementerian dan lembaga serta sektor usaha.

Halaman
12
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved