Breaking News:

Memberdayakan Ibu Rumah Tangga dengan Usaha Tiram

Bermula dari lima model tambak, setelah 3-4 bulan panen, ternyata hasilnya memuaskan, tiram yang dihasilkan pun berukuran besar dan segar

HandOut/Istimewa
Zainal Abidin Suarja, pemenang penghargaan kategori Agriculture and Fishery Microentrepreneur dalam usahanya budidaya tiram bernama ‘Natural Food’. 

TRIBUNNEWS.COM - Citi Indonesia (Citibank) mengumumkan pemenang wirausaha mikro dalam berbagai bidang usaha melalui Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) 2018-2019, penyerahan penghargaan diberikan oleh Batara Sianturi selaku CEO Citi Indonesia (Citibank).

Satu di antara pemenangnya adalah Zainal Abidin Suarja (34) asal Banda Aceh, yang mendapatkan penghargaan di kategori Agriculture and Fishery Microentrepreneur dalam usahanya budidaya tiram bernama ‘Natural Food’.

Pada awal pendirian usaha tiram ini, Zainal mengaku tidak bertujuan untuk memperoleh profit.

Ia melihat, ibu-ibu pencari tiram tradisional di Aceh menghabiskan waktu hingga 8 jam untuk mencari tiram.

Padahal ibu-ibu sebagai ibu rumah tangga memiliki kewajiban untuk mengurus anak, suami, dan rumahnya sedangkan mereka menghabiskan waktu setengah hari di sungai atau laut.

Upah yang dihasilkan selama 8 jam bekerja itu hanya berkisar 20 – 30 ribu.

“Jadi kami berinisiatif membantu ibu-ibu awalnya membuat sebuah peternakan tiram, budidaya tiram dengan cara yang lebih modern lah, lebih gampang, lebih mudah jadi akhirnya kita beberapa kali mencoba akhirnya kita dapat tempat yang bagus untuk budidaya tiramnya, kita ajak ibu-ibu untuk gabung, mereka setuju dan kita mulai instal beberapa tambak,” ungkapnya belum lama ini.

Bermula dari lima model tambak, setelah 3-4 bulan panen, ternyata hasilnya memuaskan.

Tiram yang dihasilkan pun berukuran besar dan segar.

Karena merasa mudah untuk memanen, akhirnya banyak ibu-ibu yang bergabung, sekitar 67 orang dan Zainal pun menambah menjadi 40 tambak.

Halaman
123
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved