‎Presiden Jokowi Minta Pariwisata Bali, Toba, Mandalika dan Labuan Bajo Digenjot Lagi

"Jadi nanti kuliner, infrastruktur, hortikultura, budaya dan handycraft. Jadi kalau orang datang. Presiden minta harus ada kesan indah

‎Presiden Jokowi Minta Pariwisata Bali, Toba, Mandalika dan Labuan Bajo Digenjot Lagi
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Menko Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan. (Theresia Felisiani/Tribunnews.com) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Jokowi kembali memanggil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk rapat di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (1/7/2019).

Ditemui di kantornya, Kemenko Maritim, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019), Luhut mengaku rapat tersebut membahas pengembangan lima destinasi wisata, yakni Bali, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Toba di Sumatera Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) serta Labuan Bajo‎ di Nusa Tengga Timur (NTT).

"Kemarin rapat sama presiden di Bogor menyangkut supaya tempat wisata di Bali, Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo semuanya terintegrasi," kata Luhut.

"Jadi nanti kuliner, infrastruktur, hortikultura, budaya dan handycraft. Jadi kalau orang datang. Presiden minta harus ada kesan indah, dan ramah tamah," ujarnya.

Baca: Kasus Penghinaan Bau Ikan Asin, Fairuz A Rafiq Tolak Berdamai, Galih Ginanjar Harus Masuk Bui

Dikonfirmasi tentang tantangan letak geografis di wilayah tersebut, Luhut mengatakan hal itu tidak ada masalah. Presiden Jokowi meminta agar pihaknya menggunakan jasa konsultan untuk merancang semuanya.

Baca: Panik Hamili Adik Kandung Istri, Mikael Lakukan Aksi Bejat Ini ke Organ Intim AN Agar Bisa Aborsi

"Misalnya dari Bandara Silangit ke resort kan butuh 1,5 jam. Selama itu bisa dibuat tempat kuliner, tempat buat ulos jadi lebih menarik. Selama ini yang seperti itu tidak kita perhatikan," imbuh Luhut.

Baca: Perbandingan Durasi Pertemuan PM Shinzo Abe dengan Kepala Negara Lain, dengan Jokowi Hanya Semenit

‎Masalah para pelajar di dekat tempat wisata turut diperhatikan oleh Jokowi. Mantan Wali Kota Solo ini meminta nanti pendidikan kejuruan harus sesuai dengan program yang ada di tempat wisata.

"Nanti pihak swasta akan banyak masuk. Bicara pariwisata, memang banyak orang datang tapi kita tidak siap di dalamnya. Presiden mau bikin semua compac, saya janji 6 bulan selesaikan," tambahnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved