Breaking News:

Kemenkeu Luncurkan Obligasi Ritel SBR007 dengan Bunga 7,5 Persen

Pemerintah mengeluarkan produk investasi dengan tujuan untuk membantu pembangunan negara dan memberikan opsi tambahan produk investasi

Reynas Abdila
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman saat peluncuran SBR007 di Jakarta, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mengeluarkan produk investasi dengan tujuan untuk membantu pembangunan negara dan memberikan opsi tambahan produk investasi bagi masyarakat.

Memasuki Juli 2019, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan penjualan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN) dengan tingkat kupon mengambang yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007 yang dananya akan digunakan untuk pembiayaan APBN.

"Pemerintah menawarkan Saving Bond Retail (SBR)007. Dengan SBR007, investor bisa ikut berpartisipasi membangun Indonesia. Ini yang tidak bisa didapatkan di instrumen investasi lain," jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR) Luky Alfirman saat peluncuran di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Instrumen investasi yang ditawarkan 11-25 Juli 2019 ini dimulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar, para investor sudah dapat memulai investasinya dengan berbagai keuntungan.

Baca: Kinerja BRI Agro Q1 Didukung Penyaluran Kredit dan Likuiditas

Keuntungan SBR007 lainnya yaitu tingkat kupon 7,50 persen per tahun yang berlaku tanggal 31 Juli 2019-10 Oktober 2019 dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yaitu sebesar 6,00 persen ditambah spread tetap 150 bps (1,50 persen).

Jenis Kupon SBR007 adalah floating yang akan disesuaikan setiap 3 bulan dengan tingkat kupon minimal (floating with floor) dengan referensi kupon adalah BI 7 days Reverse Repo Rate. Kupon pertama berlaku sebagai floor.

SBR007 akan jatuh tempo pada tanggal 10 Juli 2021 (tenor 2 tahun).

Pemesanan dan segala transaksinya dapat dilakukan secara online melalui www.kemenkeu.go.id/sbr dengan memilih salah satu logo mitra distribusi (Midis).

Adapun 20 Midis yang dapat dipilih adalah BCA, Bank CIMB Niaga, Bank DBS, Bank HSBC, Bank Mandiri, Bank Maybank, BNI, Bank OCBC NISP, Bank Panin, Bank Permata, BRI, BTN, Bahana Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Trimegah Sekuritas Indonesia, Bareksa, Invisee, Tanamduit, Investree dan Modalku.

Hanya diperlukan empt langkah mudah untuk memiliki SBR007 yaitu melakukan registrasi, pesan, bayar, dan konfirmasi.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved