Ternyata Ini Alasan Citilink Hentikan Sementara 3 Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

Fariza Astriny mengatakan, tiga rute yang ditutup yakni Kertajati-Medan, Kertajati-Denpasar, dan Kertajati-Palembang.

Ternyata Ini Alasan Citilink Hentikan Sementara 3 Rute Penerbangan di Bandara Kertajati
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri PROVING FLIGHT. Pesawat Citylink rute Bandara Soekarno Hatta (CGK) - Yogyakarta International Airport (YIA) terparkir seusai mendarat dengan sukses dalam proving flight atau penerbangan uji coba take off dan landing di Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Pesawat Citylink yang tidak membawa penumpang tersbeut melakukan uji coba bandara sebelum mulai akan beroperasi secara komersial pada 6 Mei mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan berbiaya hemat Citilink Indonesia menghentikan sementara beberapa rute penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati terhitung mulai Jumat (26/7/2019).

Corporate Communications Citilink Fariza Astriny mengatakan, tiga rute yang ditutup yakni Kertajati-Medan, Kertajati-Denpasar, dan Kertajati-Palembang.

"Betul ada beberapa (ditutup), yaitu KNO-KJT, DPS-KJT dan PLM-KJT," jelasnya saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (25/7/2019).

Fariza menjelaskan, penutupan tersebut bersifat sementara.

Baca: Pascaerupsi, Taman Wisata Tangkuban Parahu Ditutup Selama 3 Hari

Baca: BREAKING NEWS: Laga Final Piala Indonesia PSM Makassar vs Persija Jakarta Ditunda

Adapun alasan ketiga rute itu dihentikan sementara karena tingkat keterisian penumpang (load factor) dalam penerbangan itu relatif rendah.

"Itu karena load seat factor yang rendah dan memang sedang low season, sehingga untuk commercial reason kita berhentikan dahulu," ujarnya.

Senada dengan Fariza, Corporate Secretary BIJB Arif Budiman mengatakan tiga rute Citilink akan dihentikan sementara mulai besok.

Di luar tiga rute itu, lanjut Arif, hingga saat ini maskapai anak usaha Garuda Indonesia itu masih melayani penerbangan untuk dua kota lainnya.

"Namun untuk saat ini masih terdapat penerbangan tujuan PKU (Pekanbaru) dan SUB (Surabaya)," jelas dia.

Sebelumnya, Citilink mengumumkan telah memindahkam penerbangan di Bandara Husein Sastranegara ke BIJB mulai 1 Juli 2019.

Rute yang dipindahkan oleh Citilink ke Bandara Kertajati adalah rute yang menggunakan pesawat Airbus A320, di antaranya rute menuju dan dari Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, serta Pekanbaru

"Citilink Indonesia telah melakukan persiapan secara intensif dan berkoordinasi dengan stakeholders untuk memastikan operasional layanan penerbangan dapat berlangsung dengan lancar, aman dan nyaman,” kata VP Corporate Secretary & CSR Resty Kusandarina dalam keterangan tertulis, Senin, (1/7/2019).

Dengan penutupan sementara tiga rute tersebut, penerbangan Citilink yang tersisa saat ini hanya untuk daerah Pekanbaru dan Surabaya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved