Polemik Unicorn

Bantah Pernyataan BKPM, Tokopedia Nyatakan Sejak Awal Berinvestasi Langsung ke Indonesia

"Sejak awal, Tokopedia didirikan selaku PT Indonesia. Saat ini, Tokopedia terdaftar sebagai PMA"

Bantah Pernyataan BKPM, Tokopedia Nyatakan Sejak Awal Berinvestasi Langsung ke Indonesia
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Co-Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya (kanan) berincang dengan VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak (kiri) saat konferensi pers 'Paparan Capaian Ramadan Ekstra 2019 Tradisi Belanja Terbesar Tokopedia' di Jakarta, Rabu (19/5/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen PT Tokopedia membantah pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal  (BKPM) yang menyebut Tokopedia sebagai unicorn yang sebenarnya merupakan perusahaan asal Singapura.

"Sejak awal, Tokopedia didirikan selaku PT Indonesia. Saat ini, Tokopedia terdaftar sebagai PMA, dimana seluruh perizinan dari BKPM sudah kami dapatkan," kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak dalam pernyataan pers tertulis kepada Tribunnews, Selasa (30/7/2019). 

"Kami juga berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan Indonesia dan menaati seluruh peraturan dan ketentuan yang berlaku di Indonesia," sebutnya.

Nuraini Razak juga menyatakan pihaknya tidak memiliki perusahaan induk di negara lain seperti disebut oleh Kepala BKPM Thomas Lembong yang mengutip hasil riset Google dan Temasek. 

Baca: Budi Gunawan Kini Kerap Tersorot Kamera: Gantikan Peran Luhut hingga Sosoknya yang Kontroversial

"Kami tidak mempunyai induk perusahaan di negara lain. PT Tokopedia sejak awal selalu beroperasi di Indonesia. Kami hanya memiliki anak perusahaan kecil di Singapura untuk mendukung sebagian upaya riset dan pengembangan induk perusahaan Tokopedia yang ada di Indonesia," ungkap Nuraini Razak.

Dia juga menyatakan, seluruh penanaman modal terhadap Tokopedia masuk ke Indonesia sebagai penanaman modal langsung (FDI). "Jadi, seluruh investasi yang diterima Tokopedia masuk melalui induk perusahaan kami di Indonesia," kata dia.

Tidak ada FDI masuk

Sebelumnya, seperti dikutip Kompas.com, Kepala BKPM menyebutkan, empat perusahaan unicorn Indonesia disebut oleh dunia luar sebagai perusahaan asal Singapura.

Keempat perusahaan unicorn tersebut adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka. Hal tersebut diketahui Thomas dari hasil riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek.

“Di laporan (Google dan Temasek) disebutkan Indonesia ada nol (perusahaan unicorn) dan Singapura 4 (perusahaan),” ujar Thomas di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Baca: Bikin Heboh Sampang! Robi yang Disebut-sebut Hidup Lagi, Kuburannya Kini Ditutup Warga

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved