Survei Preferensi Konsumen tentang Ojek Online: Rasa Aman Jadi Pilihan Prioritas

Hasil survei KKI menyebutkan ada 4 moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat urban, yaitu ojek online, taksi online, bus trans dan KRL

Survei Preferensi Konsumen tentang Ojek Online: Rasa Aman Jadi Pilihan Prioritas
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi ojek online 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) merilis hasil survei terbaru tentang sektor transportasi bertajuk 'Preferensi Konsumen terhadap layanan Moda Transportasi Darat Urban di Indonesia', Selasa (30/7/2019). 

Survei yang dilakukan selama Februari – April 2019 ini melibatkan 625 responden di 15 kabupaten/kota di 6 provinsi, mencakup DKI Jakarta, Banten, Bali, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan teknik random sampling.

Hasil survei KKI menyebutkan, ada empat moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat urban, yaitu ojek online atau ojol, taksi online atau taksol, bus trans dan KRL.

Dari keempat moda transportasi tersebut, 36 responden menyatakan preferensinya pada layanan ojek online Gojek dan 32 persen memilih layanan Grab serta 32 persen responden menyatakan menggunakan kedua layanan ojol.

Terkait alasan pilihan, mereka yang memilih layanan Gojek menyatakan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Baca: Jokowi Mengaku Perpres Mobil Listrik Belum Sampai ke Mejanya

Survei menyebutkan, layanan Go-Ride dari Go-Jek dinilai lebih aman oleh 56 persen responden, lebih diandalkan oleh 55 responden, lebih ramah oleh 53 responden serta lebih nyaman dan bersih oleh 53 persen responden.

Sementara itu, responden yang memilih layanan Grab, karena preferensi pada alasan aspek keterjangkauan tarif (lebih murah), oleh 53 persen responden, dibandingkan Go Jek yang oleh responden alasan ini dipilih oleh sebanyak 47 persen responden.

KRL vs Bus

Sedangkan, KRL dan bus trans dipilih responden dikarenakan kemampuannya dalam memenuhi aspek keselamatan dan keamanan konsumen selain juga dapat diandalkan untuk ketepatan waktu layanannya.

Khusus KRL, kebijakan pemerintah untuk membangun moda transportasi yang terintegrasi dengan transportasi publik lainnya menjadikan KRL sebagai salah satu moda transportasi yang cukup populer digunakan oleh konsumen.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved