Tekan Angka Kecelakaan, DKPPU Gelar Sosialisasi Keselamatan Penerbangan 

moda transportasi udara masih menjadi salah satu pilihan transportasi massal yang dapat diandalkan karena efektif dan efisien

Tekan Angka Kecelakaan, DKPPU Gelar Sosialisasi Keselamatan Penerbangan 
dok Kemenhub
Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai upaya menekan angka menekan angka kecelakaan sekaligus mewujudkan Zero accident di penerbangan nasional baik pesawat  komersil maupun latih, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoprasian Pesawat Udara (DKPPU) menggelar sosialisasi pencegahan kecelakaan pesawat udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengatakan, moda transportasi udara masih menjadi salah satu pilihan transportasi massal yang dapat diandalkan karena efektif dan efisien.

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti dalam rapat persiapan The 12th ASEAN-China Working Group on Regional Air Services Arrangements (12th ACWG-RASA).
Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti dalam rapat persiapan The 12th ASEAN-China Working Group on Regional Air Services Arrangements (12th ACWG-RASA). (Istimewa)

Dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan transportasi udara, maka Pemerintah dituntut untuk selalu menjaga keselamatan penerbangan semaksimal mungkin. 

"Sebagaimana amanah dari ICAO Annex 19, kita sebagai salah satu negara anggota ICAO berkewajiban untuk melaksanakan Safety Oversight untuk memastikan  operasional penerbangan di Indonesia comply dengan undang-undang dan peraturan yang terkait dengan keselamatan penerbangan," kata Polana saat membuka sosialisasi Pencegahan Kecelakaan Pesawat Udara di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Ia juga menekankan bahwa keselamatan penerbangan akan terwujud dan akan semakin meningkat apabila ada sinergi dari regulator dan stakeholder/operator pernerbangan, maka marilah kita saling berkolaborasi, bekerjasama untuk meningkatkan iklim penerbangan Indonesia yang Selamat, Aman dan Nyaman.

Dikatakan juga oleh Polana pada akhir-akhir ini terdapat beberapa kejadian accident, serious incident dan incident di Indonesia. Untuk itu perlu kita ingatkan kembali agar seluruh operator atau stake holder kembali meningkatkan kewaspadaan dan juga kita ambil kejadian tersebut menjadi pelajaran untuk perbaikan dan menemukan resolusi terkait masalah keselamatan yang efektif.

Dengan tindakan perbaikan dari safety issue dan penegakan hukum ini diharapkan akan mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Baca: Dirjen Udara Kemenhub Beberkan Kondisi Maskapai Tanah Air yang Terseok-seok

Baca: Pengamat Nilai Wajar Kemenhub Minta Taksi Online Bisa Beroperasi di Kawasan Ganjil-genap

"Dan mengacu pada konsep Resolution of Safety Issue yang merupakan Critical Element 8, maka kejadian-kejadian tersebut akan didentifikasi sebagai safety issue dan kemudian ditindaklanjuti dengan tindakan perbaikan dan juga tindakan Penegakan hukum apabila dari hasil investigasi diketemukan adanya pelanggaran yang dapat dikenakan sanksi administrative maupun sanksi pidana sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Safety Campaign

Sementara itu, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Capt Avirianto mengatakan kegiatan sosialisasi pencegahan kecelakaan pesawat udara yang terjadi di dunia penerbangan Indonesia adalah salah satu bagian dari upaya peningkatan keselamatan penerbangan Indonesia melalui Safety Campaign yang dilakukan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara.

"DKPPU yang merupakan bagian dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, melihat bahwa dalam rangka meningkatkan keselamatan penerbangan nasional, maka perlu diadakan kegiatan sosialisasi dalam rangka meningkatkan safety awareness untuk seluruh operator/stake holder penerbangan di Indonesia," katanya.

Avirianto juga berharapan dari kegiatan ini dapat tercapai, yaitu DKPPU Bersama Operator penerbangan indonesia dapat terus  berkomitmen untuk membangun penerbangan Indonesia.

Dan, pada akhirnya tujuan besar yang ingin dicapai adalah pemerintah berhasil menciptakan keselamatan penerbangan yang lebih baik dan terus menekan rate of accident.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved