Egi Gunawan Si Petani Milenial yang Dapat Bantuan Pendanaan dari TaniFund

TaniHub menyadari ada hal lain yang dibutuhkan para petani, yaitu akses ke pembiayaan

Egi Gunawan Si Petani Milenial yang Dapat Bantuan Pendanaan dari TaniFund
TaniHub/Bhisma Adinaya
Egi Gunawan Mitra Petani TaniFund 

Laporan wartawan Tribun Deodatus Pradipto

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Semua berawal ketika Egi Gunawan, seorang petani asal Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor bermaksud menawarkan durian ke TaniHub, sebuah perusahaan ecommerce agritech yang berkantor di Jakarta Selatan.

Seorang di TaniHub kemudian bercerita kepada Egi mereka memiliki program pembinaan untuk petani. Program tersebut berada di bawah naungan TaniFund, bagian dari TaniGroup yang juga menaungi TaniHub.

Egi, yang juga memiliki kelompok petani, kemudian menjalin kontak dengan TaniFund. Apa yang dia temukan kemudian ternyata sesuai dengan misinya. Egi dan TaniFund memiliki misi yang sama, yaitu menyejahterakan kehidupan petani.

Pihak dari TaniGroup kemudian menemui pria yang pernah lima tahun bekerja di supermarket tersebut di Desa Karacak. Mereka memeriksa lahan pertanian yang Egi dan teman-temannya kelola dan sebagainya. Dari situ, Egi ternyata memenuhi kualifikasi untuk menjadi petani mitra TaniFund.

"Saya senang bisa berkolaborasi dengan teman-teman yang memerhatikan petani-petani milenial," ujar Egi, yang berusia 26 tahun, saat kami jumpai di lahan pertaniannya di Desa Karacak, Kamis (15/8/2019) lalu.

Panen Cabai
Seorang petani mitra TaniFund sedang memetik cabai merah keriting di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Di lahan yang Egi dan teman-temannya kelola, mereka menanam aneka sayuran. Mereka menanam pare, cabai keriting, tomat, kacang panjang, dan timun. Untuk buah-buahan musiman, mereka menanam manggis dan durian.

Egi dan kelompok taninya tidak sekadar mendapatkan pendanaan dari TaniFund. Pendanaan dilakukan menggunakan metode peer to peer lending. TaniFund turut menjaga keberlangsungan produk-produk pertanian yang mitra-mitra petaninya hasilkan.

"Kami berjualan ke modern channel, kita juga masuk ke horeka (hotel, restoran, dan katering, red), food industry. Karena demand telah dibentuk TaniHub di awal, kita butuh supply yang banyak. Kang Egi ini telah jadi mitra kami. Dia melakukan proyek penanaman, nanti hasilnya dibeli oleh TaniHub," ujar VP of Corporate Services TaniGroup Astri Purnamasari.

Para petani yang bermitra dengan TaniFund mendapat bimbingan dari petugas lapangan TaniFund. Mereka melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para petani, lalu mengajarkan metode pemupukan dan penanaman yang ilmiah serta memonitor hasil panen.

Halaman
12
Penulis: Deodatus Pradipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved