Gubernur Bangka Belitung Resmikan Bursa Pasar Fisik Timah PT BBJ dan PT KBI (Persero)

Sinergi ini tidak hanya meningkatkan kinerja bisnis BUMN yang terlibat, tapi diharapkan mampu memberikan nilai tambah untuk masyarakat Bangka Belitung

Gubernur Bangka Belitung Resmikan Bursa Pasar Fisik Timah PT BBJ dan PT KBI (Persero)
istimewa
PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero) telah menggandeng BUMN lain yang bergerak dalam bidang pergudangan yaitu PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) untuk melakukan sinergi dalam hal perdagangan komoditas Timah yang diperdagangkan di BBJ. Perdagangan perdana komoditas Timah di BBJ dilakukan mulai tanggal 21 Agustus 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia selama ini dikenal sebagai negara yang memiliki potensi tambang timah yang sangat besar. Kementerian BUMN dengan kebijakan Sinergi BUMN, selalu mendorong kepada BUMN untuk melakukan sinergi salah satunya dalam sektor perdagangan timah.

Sinergi ini tidak hanya untuk meningkatkan kinerja bisnis BUMN yang terlibat, tapi juga diharapkan mampu memberikan nilai tambah untuk masyarakat Bangka Belitung, yang merupakan lokasi tambang timah tersebut.

Potensi perdagangan komoditas Timah tersebut dilirik oleh salah satu BUMN, yaitu PT Kliring Berjangka Indonesia (“Persero’) sebagai Lembaga Kliring yang telah beraliansi selama 20 tahun dengan PT. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) untuk secara bersama menyelenggarakan Pasar Fisik Timah Murni Batangan di Indonesia.

Sejalan dengan perolehan ijin dari otoritas dalam penyelenggaran Pasar Fisik kepada PT. Bursa Berjangka Jakarta dan sebagai Kliring dan Penjaminan Penyelesaian transaksi kepada PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero) di pasar fisik timah murni batangan dimaksud, PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero) telah menggandeng BUMN lain yang bergerak dalam bidang pergudangan yaitu PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) untuk melakukan sinergi dalam hal perdagangan komoditas Timah yang diperdagangkan di BBJ. Perdagangan perdana komoditas Timah di BBJ dilakukan mulai tanggal 21 Agustus 2019.

Peresmian perdagangan perdana tersebut ditandai dengan ekspor perdana timah batangan sebanyak 1.410 ton di Pangkal Pinang. Peresmian Bursa Timah BBJ dan ekspor perdana timah batangan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama KBI, Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem Informasi BGR Logistics, Tri Wahyundo H.

Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta mengatakan, Bursa Berjangka Jakarta sangat menyambut baik dengan adanya Sinergi BUMN ini, yang tentunya diharapkan akan mampu meningkatkan harga timah khususnya dari Bangka Belitung. Dan perdagangan timah murni batangan yang akan diperdagangkan di BBJ ini, tentu mengikuti ketentuan yang berlaku dalam perdagangan Timah Batangan di Indonesia.

"Dan yang pasti, kami meyakini bahwa ini semua dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bangka Belitung. Secara lebih besar lagi, sinergi antara KBI dan BGR Logistics ini mampu memberikan percepatan roda ekonomi nasional, menuju Indonesia Sejahtera,” katanya.

Direktur Utama KBI, Fajar Wibhiyadi, menjelaskan dimulainya perdagangan komoditas timah di BBJ ini, tentu sebuah opportunity yang besar untuk para pelaku di bisnis perdagangan timah batangan baik di Indonesia maupun internasional.

“Seperti kita ketahui, Indonesia menyumbangkan kurang lebih sekitar 23% market timah dunia. Dengan adanya perdagangan timah di Bursa Berjangka Jakarta akan memberikan pilihan kepada para pelaku dalam bertransaksi,” jelas Fajar.

Selain menjadi sinergi BUMN, KBI sebagai Lembaga Kliring pada BBJ yang menginisiasi lahirnya Bursa Timah BBJ telah menunjuk BGR sebagai Pengelola Gudang menunjukkan peran nyata dalam konteks BUMN Hadir untuk Negeri. Bahwa apa yang selama ini dilakukan KBI, tentu dalam kerangka besar memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved