Mulai Minggu Depan, Tarif Ojol Baru Berlaku untuk Seluruh Indonesia

Saat ini tarif baru ojol itu baru belaku di 123 kota. Mulai 2 September, penyesuai tarif itu berlaku di semua kota di Indonesia.

Mulai Minggu Depan, Tarif Ojol Baru Berlaku untuk Seluruh Indonesia
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Kiri ke kanan: Head of Strategic and Planning Public Affairs Grab Indonesia Tirza R Munusamy, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani dan Vice President Public Policy and Government Relations Gojek, Panji W Ruky di Kemenhub, Jakarta, Kamis (29/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan penyesuaian biaya jasa atau tarif ojek online di seluruh wilayah Indonesia mulai Senin, 2 September 2019 pukul 00.00 WIB mendatang.

"Jadi mulai nanti tanggal 2 (September) dini hari, pada hari Senin akan diberlakukan tarif sesuai dengan Keputusan Menteri Nomor 348 tahun 2019" kata Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani di kantornya di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Yani menjelaskan, saat ini tarif baru ojol itu baru belaku di 123 kota. Mulai 2 September, penyesuai tarif itu berlaku di 224 kota tempat Grab beroperasi dan 221 kota untuk operasional Gojek.

"Diharapkan ini bisa tingkatkan kesejahteraan driver dan pengguna aplikasi di masyarakat. Serta punya kepastian baik bagi driver maupun masyarakat," ujar Yani.

Kedua aplikator Gojek dan Grab Indonesia menyatakan siap kooperatif terhadap pemberlakuan aturan itu.

Baca: Honda Resmi Pasarkan PCX Listrik, Ganti Baterai Bisa Dilakukan di Minimarket

Mereka berkomtimen untuk mengawasi penerapan tarif batas atas dan tarif batas bawah mengikuti aturan regulator.

"Kami senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk mengedepankan layanan ojol, menyejeterahkan mitra pengemudi, dan perbaiki layanan," kata Vice President Public Policy and Government Relations Gojek, Panji W Ruky.

Baca: Pemprov Jabar Juga Ingin Pindahkan Ibu Kota Provinsi dari Bandung, Begini Alasan Ridwan Kamil

"Grab indonesia juga dukung adanya penerapan keseluruhan di tempat kami beroperasi. Disiapkan alogoritma juga supaya sesuai dengan KM 348/2019. Survey ke mitra pengemudi juga sangat positif baik buat pendapatan meteka. Semoga bisa buat mitra pengemudi dan pengguna lebih sejahtera," timpal Head of Strategic and Planning Public Affairs Grab Indonesia Tirza R Munusamy.

Sebagai informasi, berikut daftar tarif baru batas bawah dan batas atas ojol berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019 yang merupakan turunan atas Permenhub 12/2019:

- Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp 1.850-2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000

- Zona II (Jabodetabek): Rp 2.000-2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-10.000

- Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000

Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved