Koneksikan dengan Startup, Kemenperin Dorong Pemberdayaan IKM Lewat Digital

Sejak 2016, IKMA telah membina para IKM agar dapat mengembangkan usahanya dan melangkah ke dunia digital.

Koneksikan dengan Startup, Kemenperin Dorong Pemberdayaan IKM Lewat Digital
TRIBUNNEWS/LITA FEBRIANI
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih di acara seminar Startup, Tech Provider 4 IKM di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian mendorong pemberdayaan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui teknologi.

Langkah yang dilakukan dengan meluncurkan gerakan transformasi digital industri kecil dan menengah dengan tech startup sebagai penyedia teknologi.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa saat ini merupakan kesempatan Indonesia menunjukan pada dunia bahwa SDM Indonesia memiliki potensi.

Sejak 2016, IKMA telah membina para IKM agar dapat mengembangkan usahanya dan melangkah ke dunia digital.

Baca: Keluarga Almarhum Edi Chandra Saling Bertangisan Saat Penyerahan Jenazah

"IKM ini perlu ilmunya para startup ini. Karena melihat potensi dari startup ini juga bagus. Jadi kita bikin kompetisi untuk memilih startup-startup mana yang bener dan bisa bantu IKM ini untuk memecahkan masalah yang ada," tutur Dirjen IKMA Kemenperin saat di acara seminar Startup, Tech Provider 4 IKM di Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2019).

Baca: Gelombang PHK Mulai Terjadi di Industri Tekstil di Sejumlah Wilayah

Berdasarkan data dari BPS, jumlah IKM di Indonesia mencapai lebih dari 4,4 juta unit usaha, yang artinya setara 99 persen dari seluruh unit usaha industri di Indonesia.

Sementara Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI) menyebut dalam Mapping & Database Startup Indonesia 2018 bahwa ada 992 startup pada tahun 2018. Sebanyak 52,6 persen atau 552 starup berada di wilayah Jabodetabek.

Baca: Tak Kuat Menahan Malu Usai Bunuh dan Bakar Suami, Aulia Mengaku Ingin Bunuh Diri

Keberadaan startup ini menjadi bagian penting dalam akselerasi transformasi digital IKM melalui penerapan teknologi digital hasil inovasi startup teknologi.

Seminar Startup, Tech Provider 4 IKM digelar dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesiapan IKM untuk melakukan transformasi digital menuju industri 4.0 dan menguatkan keberadaan dan peran startup teknologi sebagai teknologi provider bagi IKM.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved