Toshiba Kenalkan Teknologi Robot De-paletizer dengan Pengenalan Gambar untuk Pebisnis Logistik

Toshiba menawarkan solusi logistik yang dapat dioperasikan pada beragam lokasi gudang untuk pembongkaran, pengambilan dan pemuatan barang.

Toshiba Kenalkan Teknologi Robot De-paletizer dengan Pengenalan Gambar untuk Pebisnis Logistik
IST
Toshiba memperkenalkan teknologi robot De-paletizer dengan pengenalan gambar untuk para pebisnis logistik di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sektor logistik global tumbuh secara eksponensial karena perdagangan internasional berkembang dan rantai pasokan global diperlukan agar lebih efisien, lebih cerdas, dan lebih berkelanjutan dalam mendukung arus dan pertukaran modal dan informasi.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, perusahaan mencari teknologi logist generasi terbaru dan solusi manajemen pengiriman yang efisien.

Toshiba menawarkan solusi logistik yang dapat dioperasikan pada beragam lokasi gudang untuk melakukan tugas-tugas pembongkaran, pengambilan dan pemuatan.

Menggunakan sensor canggih untuk pengenalan gambar, model virtual untuk mensimulasikan kondisi rumit dan fungsi robot dalam mengotomatisasi pemindahan barang, rangkaian penawaran layanan Toshiba meniadakan pekerjaan padat karya yang berkontribusi pada suatu lingkungan logistik yang lebih cepat dan lebih efisien.

Salah satu teknologi Toshiba adalah Robot De-paletizer, yang menggunakan teknologi robotika untuk berinovasi dalam pekerjaan di lokasi logistik.

Hideto Yui, Kepala Robotika Unit Bisnis, Solusi Sistem Logistik, Divisi Sistem Keamanan & Otomasi, Toshiba Infrastructure Systems & Solutions Corporation, gudang logistik di Jepang cenderung berlokasi di dekat persimpangan jalan raya. Hal ini memfasilitasi transportasi muatan dan barang yang lebih mudah. Namun ada tantangan tenaga kerja karena situs-situs ini kurang dapat diakses oleh transportasi umum.

Hideto Yui3
Hideto Yui, Kepala Robotika Unit Bisnis, Solusi Sistem Logistik, Divisi Sistem Keamanan & Otomasi, Toshiba Infrastructure Systems & Solutions Corporation

Kekurangannya adalah tugas-tugas yang menuntut dari sisi fisik karena barang yang tiba di lokasi dari pabrik dan gudang bisa berat, dan adalah pekerjaan keras dalam menyortir dan mengaturnya berdasarkan tujuan.

"Menyadari tantangan ini, kami mulai mengembangkan robot de-paletizer tiga tahun lalu” kata Hideto Yui.

Dia menjelaskan, robot de-paletizer Toshiba dapat menangani beban hingga 30 kg tanpa masalah. Ukurannya juga kecil dengan lebar hanya 2,2 meter dalam 3,4 meter dan tinggi 2,7 meter, robot ini ringkas dan dapat dengan mudah dipasang ke peralatan yang ada.

Satu fitur khusus adalah teach-less yang secara otomatis mampu mengenali kondisi kotak dan menentukan apa yang harus dilakukan dengannya.

Konfigurasi pemasangan4
Konfigurasi pemasangan robot de-paletizer Toshiba

"Robot ini mampu melakukan de-paletizer dengan kecepatan lebih dari 8 kotak per menit, dan 24 jam sehari secara teoritis. Kami memanfaatkan pengetahuan dan kekuatan kami dalam teknologi pengenalan gambar untuk diterapkan di situs logistik, ”kata Yui.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved