Lantik 25 Pejabat Eselon II, Menkeu 'Sentil' PNS yang Tidak Paham Soal APBN

Ia menyebut biasanya ada PNS yang bekerja dalam satu kotak-kotak dan terkadang untuk membaca APBN dan fungsinya kepada perekonomian negara tidak bisa

Lantik 25 Pejabat Eselon II, Menkeu 'Sentil' PNS yang Tidak Paham Soal APBN
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani berpidato saat menghadiri seminar Nota Keuangan APBN 2020 Mengawal Akuntabilitas Penerimaan Negara di Gedung Nusantara IV DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan tantangan ekonomi yang berasal global yang kini tengah di hadapi Indonesia. Tantangan tersebut berupa pelemahan ekonomi global. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pejabat Eselon II Kementerian Keuangan RI, Senin(9/9/2019) dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sebanyak 25 orang pejabat tersebut dilantik dikarenakan adanya mutasi lintas unit Eselon II di Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Kekayaan Negara, Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Inspektorat Jenderal dan Badan Kebijakan Fiskal, serta pengangkatan Direksi Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Saat pelantikan, Sri Mulyani sempat 'menyentil' PNS yang tidak paham soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ia menyebut biasanya ada PNS yang bekerja dalam satu kotak-kotak dan terkadang untuk membaca APBN dan fungsinya kepada perekonomian negara tidak diikutsertakan dalam laporan kerja.

"Jangan lupa kalau kita masuk dan rekruitmen Kemenkeu kan banyak yang berasal dari bidang studi yang berbeda-beda," ujarnya.

Menurut Sri Mulyani, untuk menanamkan pemahaman tersebut memang tidak mudah. Karena itu pesan Sri Mulyani kepada para pejabat yang baru dilantik mampu membangun pemahaman masyarakat tentang pengelola keuangan negara. Dengan begitu masyarakat bisa memahami peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam membangun perekonomian.

"Ini adalah suatu hal yang tidak mudah bagi kita untuk menanamkan. Bagaimana pemahaman anda sebagai satu institusi keuangan negara, untuk memahami apa artinya mengelola keuangan negara bagi bangsa negara kita dan bagi perekonomian kita," ujar Sri Mulyani.

"Disitulah bisa bersatu dan bersinergi karena ada saja yang berujar tidak paham APBN dan keuangan negara," pungkas Sri Mulyani.

Berikut ini 25 pejabat eselon II yang dilantik Menkeu:

Halaman
12
Editor: Deodatus Pradipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved