AFPI: Makin Banyak Fintech Berizin Resmi, Bikin Industri Pinjaman Modal Makin Kredibel

Enam entitas fintech P2P lending yang sudah berizin adalah Modalku, Pendanaan, Kredit Pintar, Maucash, Finmas, dan KlikACC.

AFPI: Makin Banyak Fintech Berizin Resmi, Bikin Industri Pinjaman Modal Makin Kredibel
TRIBUNNEWS/REYNAS
Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Kuseryansyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Kuseryansyah mengapresiasi sekaligus mengucapkan selamat kepada anggotanya yang mendapatkan surat tanda izin usaha.

Dia mengatakan, bertambahnya fintech peer-to-peer lending yang mendapat izin usaha membuat kredibilitas industri pinjaman modal dana ini semakin tinggi.

"Terbitnya izin usaha kepada enam anggota AFPI diharapkan proses perolehan izin platform fintech yang lain dapat lebih cepat karena anggota lainnya belajar dari yang sudah berizin," kata dia di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Enam entitas fintech P2P lending yang sudah berizin adalah Modalku, Pendanaan, Kredit Pintar, Maucash, Finmas, dan KlikACC.

Saat ini sudah 13 entitas fintech P2P lending yang berizin dari 127 fintech terdaftar di OJK.

Baca: Kisah Asmara Istri Tentara Berujung Maut: Jayanti Dikenal Perempuan Ulet, Meski Jadi Korban KDRT

"Status izin usaha diberikan kepada platform terdaftar di OJK yang telah memenuhi sejumlah persyaratan, seperti keamanan sistem informasi berupa ISO 27001, yang merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi," tuturnya.

Baca: Benny Wenda Minta Bertemu Jokowi Bahas Papua, Tapi Minta 6 Syarat Berat Ini

Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas AFPI Tumbur Pardede menekankan, seluruh penyelenggara fintech lending tunduk pada pedoman perilaku (code of conduct) yang mencakup komitmen transparansi produk, pencegahan pinjaman berlebih, menjaga keamanan data, dan praktik pengihan beretika.

"Terbitnya izin usaha baru ini menandakan bahwa kolaborasi yang terus berjalan berkesinambungan antara penyelenggara fintech lending dan lembaga pendukung lainnya seperti digital signature, credit scoring, asuransi, dan perbankan semakin baik," kata Tumbur.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved