Perumnas Fasilitasi Penyediaan Perumahan untuk Karyawan Astra International

Melalui kerjasama ini, Perumnas akan menyediakan perumahan bagi karyawan grup Astra di seluruh Indonesia.

Perumnas Fasilitasi Penyediaan Perumahan untuk Karyawan Astra International
HANDOUT
Bambang Wijanarko, Wakil Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International (kiri) dan Anna Kunti Pratiwi, Direktur Pemasaran Perumnas, di acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) penyediaan fasilitas perumahan untuk karyawan Astra International melalui Koperasi Astra di kantor pusat Perumnas, Kamis (10/10/2019). Melalui kerjasama ini, Perumnas akan menyediakan perumahan bagi karyawan grup Astra di seluruh Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perumnas dan Koperasi Astra International menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) penyediaan fasilitas perumahan untuk karyawan Astra International melalui Koperasi Astra International (KAI) di kantor pusat Perumnas, Kamis (10/10/2019).

Melalui kerjasama ini, Perumnas akan menyediakan perumahan bagi karyawan grup Astra di seluruh Indonesia.

"Kami melihat dengan jaringan wilayah kerja grup Astra yang tersebar di seluruh Indonesia,. karyawannya membutuhkan ketersediaan hunian yang tidak hanya terfokus di satu daerah saja, karena kami memiliki kekuatan pada jangkauan ketersediaan proyek perumahan yang tersebar hingga pelosok daerah," ujar Anna Kunti Pratiwi, Direktur Pemasaran Perumnas.

Berdasar paparan yang disampaikan Perumnas di sela MoU, lokasi proyek yang ditawarkan antara lain berada di Driyorejo, Gresik, Pasuruan, Karawang, serta sejumlah lokasi di Jabodetabek.

Hunian yang ditawarkan tidak hanya berupa landed house tapi juga hunian high rise seperti apartemen yang saat ini pembangunan proyeknya dikerjasamakan antara Perumnas dengan pihak ketiga seperti PT Kereta Api (Persero) lewat proyek TOD Mahata dengan memanfaatkan lahan di beberapa stasiun kereta api Commuter Line di Jabodetabek.  

Baca: Selain MRT dan Transjakarta, DKI Juga Akan Operasikan Kereta Tanpa Awak dan Bus Amfibi

"Skema kerjasama dengan Koperasi Astra International ini berlaku secara nasional. Karyawan Astra bisa membeli unit perumahan kita di mana saja dan sebagai developer kita menawarkan produk kita. Sementara, untuk skema pembiayaan, Koperasi Astra yang menyiapkan," ujar Anna.

Komposisi hunian yang ditawarkan, 60 persen tipe rumah tapak dan 40 persen hunian high rise. Anna yakin dengan sebaran usia karyawan grup Astra yang banyak didominasi usia milenial, pihaknya akan bisa menawarkan hunian yang terintegrasi dengan moda transportasi di tengah kota.

"Kami memiliki hunian dengan konsep itu," ujar Anna.

Bambang Wijanarko, Wakil Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International mengatakan, koperasinya kini memiliki sekiatr 87.000 anggota yang tersebar di berbagai kota. Dia mengatakan, kerjasama ini akan memungkinkan karyawan grup Astra dalam memenuhi kebutuhan papan mereka dengan lebih mudah.  

Bagi Perumnas, kerjasama penyediaan hunian untuk karyawan perusahaan dan instansi ini sangat menguntungkan, karena sesuai amanat pemegang saham, Perumnas harus menggenjot penyediaan unit hunian untuk masyarakat.

Melalui kerjasama semacam ini, penjualan unit hunian yang dibangun Perumnas bisa dipacu lebih cepat.

"Amanat pemegang saham meminta kita agar berorientasi pada unit, memperbanyak unit yang bisa di-delivery ke masyarakat," ungkap Anna.

Anna menyatakan, selain dengan Koperasi Astra, pihaknya juga menjalin kerjasama serupa dengan instansi pemerintahan seperti BPK RI, Ditjen Pajak, Kementerian Koperasi, beberapa instansi lain.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved