Jonan: Jangkauan Handphone Lebih Luas Ketimbang BBM dan Listrik

Ignasius Jonan, mengatakan sektor energi di Indonesia ketinggalan dibandingkan yang lain, di antaranya telekomunikasi.

Jonan: Jangkauan Handphone Lebih Luas Ketimbang BBM dan Listrik
Yanuar Riezqi Yovanda
Menteri ESDM Ignasius Jonan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, mengatakan sektor energi di Indonesia ketinggalan dibandingkan yang lain, di antaranya telekomunikasi.

Ketika mulai tugas di Kementerian ESDM, Jonan kaget melihat hal tersebut, sehingga mendorong efisiensi di sektor energi.

"Terus terang, saya kaget sektor energi secara keseluruhan ketinggalan dari sektor yang lain. Efisiensi sektor ini harus sangat ditingkatkan, satu di hulu migas pakai cost recovery," ujarnya di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Baca: Indonesia vs Vietnam, Jawaban Simon saat Disinggung Pemain Naturalisasi oleh Pelatih Vietnam

Ia mengungkapkan, produk telekomunikasi yakni telepon seluler pada 30 tahun lalu masih belum berkembang karena harganya mahal, sama seperti kendaraan roda empat.

"30 tahun lalu itu waktu saya beli handphone yang hanya bisa telepon harganya Rp 20 juta hingga Rp 25 juta. Harganya sama seperti mobil Toyota Kijang," kata Jonan.

Namun sekarang sektor telekomunikasi sudah berkembang pesat, harga telepon seluler tidak lagi semahal mobil dan bisa memiliki banyak fungsi.

"Sekarang handphone yang saya bawa ini Rp 12 juta, ini Apple. Harganya tidak ada 5 persen dari Toyota Kijang dan bisa untuk simpan apa saja," tuturnya.

Selain itu, jangkauan telepon seluler sekarang juga lebih luas dibandingkan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

"Jangkauannya lebih dari distribusi BBM yang lebih tua dari republik ini dan juga layanan listrik. Pemain industri telko produksi produk lebih baik dengan ongkos lebih murah," ujar Jonan.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved