Breaking News:

Jasa Marga Siapkan Rp 600 Miliar untuk Bangun Enam ''Rest Area'' Baru

Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menambah enam tempat istirahat atau rest area baru di ruas tol yang dipegang konsesinya

HANDOUT
Kedai pujasera di Rest Area Km 597 di ruas tol Ngawi-Kertosono yang dioperasikan PT Jasamarga Properti. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menambah enam tempat istirahat atau rest area baru di ruas tol yang dipegang konsesinya.

Terutama, untuk ruas tol yang sejauh ini belum memiliki rest area.

Direktur Operasi PT Jasamarga Related Business Tita Paulina mengatakan, rencananya rest area yang dibangun adalah tipe A, dilengkapi dengan stasiun pengisi bahan bakar umum (SPBU).

Baca: Tingkatkan Layanan, Jasa Marga Tambah Jumlah Gerbang Tol di Sentul dan Citeureup

Baca: Jasa Marga: Armada Evakuasi di Ruas Tol Jagorawi Sudah Penuhi Standar Minimum Pelayanan

"Rencananya sampai akhir tahun ini ada penambahan, tapi mungkin masih fungsional karena kami belum mulai bangun," kata Tita menjawab Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

Untuk lokasinya, rest area ini baru ini berada di Tol Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan masing-masing dua unit dan Tol Balikpapan-Samarinda serta Kualanamu-Tebing Tinggi masing-masing satu unit.

Adapun luas area yang dibangun berkisar antara 4-6 hektar dengan investasi Rp 100 miliar untuk setiap rest area.

Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, Jum'at (31/5/2019). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik pihak Jasa Marga bekerjasama dengan Dirlantas Jawa Tengah memberlakukan sistem contra flow dari km 426 sampai km 433 ruas Tol Semarang Bawen. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Petugas kepolisian mengatur pemberlakuan contra flow di ruas jalan Tol Semarang Bawen, Jawa Tengah, Jum'at (31/5/2019). Untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik pihak Jasa Marga bekerjasama dengan Dirlantas Jawa Tengah memberlakukan sistem contra flow dari km 426 sampai km 433 ruas Tol Semarang Bawen. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Itu artinya, emiten tol dengan sandi JSMR itu bakal merogoh kocek sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan keenam rest area tersebut.

"Ini nanti kami yang investasi dan kelola. (Kebutuhan) investasi rest area itu kurang lebih ya, karena di dalamnya ada infrastrukturnya dan bangunan untuk retail," ujarnya.

Dengan demikian, Jasa Marga akan mengelola 35 tempat istirahat di seluruh jalan tol yang dibangun induk usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga 2021 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bangun Enam "Rest Area" Baru, Jasa Marga Siapkan Rp 600 Miliar"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved