Jaloor.com Siap Bantu Ekspor Produk UKM Tanpa Masalah dan Tanpa Ribet

Saat ini banyak pengusaha UKM saat ini yang merasa kesulitan dalam melakukan ekspor produk mereka

Jaloor.com Siap Bantu Ekspor Produk UKM Tanpa Masalah dan Tanpa Ribet
HO
Faizal Al Edrus selaku Founder Jaloor.com 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Tanah Air ikut mendorong ekspansi usaha kecil dan menengah (UKM) domestik.

Tapi sayang, menurut catatan Kementerian Perindustrian, akses UKM terhadap beberapa hal pendukung masih sangat lemah, salah satunya adalah fasilitas ekspor.

Ekspor produk UKM ke luar negeri jelas menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi karena akan berkontribusi bagi devisa negara.

Hanya saja saat ini banyak pengusaha UKM saat ini yang merasa kesulitan dalam melakukan ekspor produk mereka.

Kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku UKM tersebut seperti dituturkan Faizal Al Edrus, praktisi di bidang ekspor impor,  proses pengiriman produk yang harus mengikuti serangkaian prosedur mulai bea pajak, pengurusan dokumen dari dalam ke luar negeri hingga proses di negara tujuan.

Baca: Kementan Desain Kawasan Buah dan Tanaman Hias Orientasi Ekspor

"Pelaku UKM  terkadang mendefinisikan ekspor itu sendri volumenya harus berkontainer-kontainer, harus dalam jumlah besar, padahal tidak seperti itu," kata Faizal saat peluncuran platform Jaloor.com versi beta, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (19/10/2019).

Belum lagi harus mengetahui berbagai istilah dalam ekspor-impor.

Ini pula yang mendorongnya membuat  Jaloor.com  yang mimpinya adalah memudahkan pelaku UKM atau brand-brand lokal Indonesia untuk mampu ekspor ke luar negeri tanpa masalah, tanpa ribet.

Secara teknis, Faizal yang merupakan founder Jaloor.com mengatakan, proses ekspor yang ditangani Jaloor.com, seperti melakukan konsolidasi barang dari pengusaha sampai gudang di dalam negeri.

Kemudian pencatatan dan pengurusan dokumen hingga barang tersebut siap diekspor secara legal.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved