Kabinet Jokowi Maruf

Presiden Jokowi Titip Pesan ke Menteri Budi Karya Soal Bandara Kualanamu

Dalam waktu dekat, pihaknya kan berkoordinasi dengan Angkasa Pura II selaku operator bandara dan maskapai guna mewujudkan rencana tersebut.

Presiden Jokowi Titip Pesan ke Menteri Budi Karya Soal Bandara Kualanamu
Ria Anatasia
Penyambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, mendapat pesan dari presiden Joko Widodo untuk menjadikan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara sebagai hub atau pusat persinggahan penumpang di Asia Tenggara.

"Bandara Kualanamu bisa jadi hub passenger menuju India, arahan bapak Presiden," ujar Budi usai acara penyambutannya sebagai Menhub periode 2019-2024 di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dia mengatakan, bandara Kualanamu berpotensi disinggahi para penumpang dari India, Bangladesh hingga Pakistan yang tadinya mendarat di Malaysia.

Pemerintah, lanjutnya, ingin pergerakan penumpang itu berpindah ke Indonesia.

Baca: Jadi Menhub Lagi, Budi Karya Sebut Jokowi Contoh Pribadi yang Sederhana dan Jujur

Dalam waktu dekat, pihaknya kan berkoordinasi dengan Angkasa Pura II selaku operator bandara dan maskapai guna mewujudkan rencana tersebut.

"Saya minta AP II bikin suatu format memberikan kemudahan bagi penerbangan dengan operator yang internasional. Terus kita ajak maskapai memindahkan (rute penerbangan) yang tadi Malaysia pindahin ke situ," pungkasnya.

Sebagai informasi, catatan trafik pergerakan penumpang di Bandara Kualanamu mencapai 10 juta penumpang di 2018 lalu, di mana 10 persennya merupakan penumpang internasional.

AP II tengah melakukan pengembangan infrastruktur dan kapasitas bandara. Adapun pada tahun 2027 mendatang, Bandara Internasional Kualanamu diproyeksikan dapat menampung lebih dari 47 juta penumpang.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved