Dirjen IKP: Palapa Ring Bantu Pemerataan Ekonomi hingga ke Pelosok Desa

digital ekonomi masih terbilang elite karena hanya bisa dirasakan di perkotaan, ke depan akan bisa dilakukan di desa-desa.

Dirjen IKP: Palapa Ring Bantu Pemerataan Ekonomi hingga ke Pelosok Desa
Reynas Abdila
Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo memastikan pemerintah tetap berupaya melakukan pemerataan ekonomi hingga ke pelosok Indonesia.

Satu diantaranya melalui adanya tol langit atau Palapa Ring yang belum lama diresmikan.

“Palapa Ring menjawab permasalahan masih minimnya akses internet masyarakat di daerah. Banyaknya tol langit diharapkan internet akan masuk ke pelosok-pelosok desa,“ ucap Widodo dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurutnya, digital ekonomi masih terbilang elite karena hanya bisa dirasakan di perkotaan, ke depan akan bisa dilakukan di desa-desa.

“Infrastruktur komunikasi juga terus ditingkatkan agar konektivitas jual beli UMKM bisa berlangsung,” ucap Widodo.

Kominfo mengakui, kondisi tersebut menjadi tantangan bagi Indonesia, namun setelah Palapa Ring bagian Barat, Tengah dan Timur selesai, pemerataan akan seketika dirasakan masyarakat.

“Kita akan ajak pemerintah daerah agar lebih aktif lagi mewujudkan pemerataan ini dan dengan Dinas Kominfo di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, salah satu penekanannya pada peningkatan literasi masyarakat dalam menggunakan teknologi internet,” ulas Widodo.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved