Bank DKI dan BI Luncurkan Digital Island di Kepulauan Seribu

Mulai dari mesin ATM, mesin EDC hingga QR Code berbasis QRIS, kini tersedia lengkap di Kepulauan Seribu.

Bank DKI dan BI Luncurkan Digital Island di Kepulauan Seribu
Wartakota/Angga Bhagya Nugraha
Aktivitas teller Bank DKI Cabang Utama Balaikota, Jakarta, melayani nasabah, Rabu (2/10/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk mendorong inklusi keuangan di Kepulauan Seribu, Bank DKI bersama Bank Indonesia wilayah DKI Jakarta meluncurkan Digital Island di Kepulauan Seribu.

Mulai dari mesin ATM, mesin EDC hingga QR Code berbasis QRIS, kini tersedia lengkap di Kepulauan Seribu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah DKI Jakarta, Hamid Ponco Wibowo menjelaskan ada sekitar 5.000 wisatawan setiap bulannya yang berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Dengan keberadaan sistem keuangan digital di Kepulauan Seribu, diharapkan bisa memberikan mereka rasa aman dan efisiensi dalam bertransaksi.

"Upaya ini akan menjadi percontohan bagi kepulauan lain dalam menerapkan transaksi non tunai," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/10/2019).

Direktur PT Bank DKI Ateng Rivai menuturkan, program Digital Island merupakan bentuk apresiasi mereka terhadap pelaku usaha di wilayah tersebut. Salah satunya pelaku usaha yang mengikuti program Laku Pandai.

"Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening ataupun pengambilan uang tunai kepada agen laku pandai yang telah bekerjasama dengan Bank DKI," ungkap dia.

Dalam upaya perluas akses layanan perbankan, Ateng menyebut pihaknya menempatkan 11 mesik ATM Bank DKI dan 69 mesin EDC yang tersebar di wilayah Kepulauan Seribu.

Mesin-mesin EDC dari Bank DKI kini tersebar di Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pari, Pulau Payung, Pulau Pramuka.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved