Bank Indonesia Nilai Industri Halal Global Harus Didukung Fashion Etis Berkelanjutan

Destry mengatakan bahwa upaya pengembangan industri halal global ini dapat didukung pula melalui adanya fashion etis secara berkelanjutan.

Bank Indonesia Nilai Industri Halal Global Harus Didukung Fashion Etis Berkelanjutan
TRIBUNNEWS.COM/FITRI WULANDARI
koleksi dari Fashion Designer ternama tanah air Vivi Zubedi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menilai industri fashion modest wear atau busana muslim tanah air mampu menghadapi persaingan global.

Ia melihat potensi pasar modest wear di Indonesia sangat besar, sehingga menurutnya hal ini bisa menjadi lahan bagi para pelaku bisnis fashion lokal untuk mengembangkan marketnya hingga mendunia.

Dalam acara bertajuk 'Road to Sustainable Fashion' yang digelar pada gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, Destry mengatakan bahwa upaya pengembangan industri halal global ini dapat didukung pula melalui adanya fashion etis secara berkelanjutan.

"Fashion etis berkelanjutan adalah bentuk praktek dari inplementasi nilai-nilai ekonomi syariah di industri fashion yang dapat mendukung pengembangan industri halal global," ujar Destry, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2019).

Baca: Transaksi Rp 300 Triliun/Tahun, Pasar Modest Wear Tanah Air Punya Potensi Besar

Para pelaku bisnis modest wear ini diharapkan memperhatikan tahapan proses produksi koleksi lini fashion mereka.

Mulai dari sumber material bahan yang mereka gunakan hingga proses produksi yang harus mengedepankan prinsip ramah lingkungan dan daur ulang limbah.

Hal ini, kata Destry, agar pengembangan industri halal global ini juga tetap memperhatikan fashion yang 'berkelanjutan'.

Selain itu, para pelaku bisnis modest wear ini juga harus memperhatikan fashion etis yang erat kaitannya dengan perekonomian syariah.

Bisnis yang dijalani ini harus memiliki dampak yang baik bagi keseimbangan ekonomi bangsa.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved