Tingkatkan Ekonomi Syariah, Perry Warjiyo Diganjar Sebagai 'Tokoh Ekonomi Syariah' Di ASR 2019

Namanya terpilih setelah unggul dalam penyeleksian melalui tiga metode yakni polling, literasi dan komparasi.

Tingkatkan Ekonomi Syariah, Perry Warjiyo Diganjar Sebagai 'Tokoh Ekonomi Syariah' Di ASR 2019
Dokumentasi Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo baru saja dinobatkan sebagai 'Tokoh Ekonomi Syariah' dalam ajang Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019.

Namanya terpilih setelah unggul dalam penyeleksian melalui tiga metode yakni polling, literasi dan komparasi.

Ketua Panitia ASR 2019 Elba Damhuri mengatakan bahwa salah satu penilaian yang membuat Perry layak menerima penghargaan ini adalah karena ia memasukkan ekonomi syariah ke dalam indikator stabilitas sistem keuangan.

Selain itu, menurut Dewan Juri, Perry memiliki andil dalam mendorong pendalaman pasar keuangan syariah serta penguatan keuangan syariah untuk pembiayaan, pemberdayaan ekonomi syariah dan penguatan riset hingga edukasi ekonomi syariah.

"Dalam pendalaman pasar syariah, Perry mendukung penerbitan ketentuan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) Syariah, bersama pemerintah memfasilitasi penerbitan instrumen keuangan syariah berbasis wakaf, serta pembiayaan berbasis ISF," ujar Elba, dalam acara yang digelar di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) malam.

Aspek lainnya yang turut mendukung adalah pemberdayaan ekonomi syariah pada sektor riil yang dilakukan BI melalui pengembangan rantai nilai halal (halal value chain).

BI di bawah kepemimpinan Perry juga dinilai mendukung didirikannya kawasan ekonomi syariah, serta penguatan kelembagaan dan infrastruktur pendukung termasuk pendirian World Islamic Infrastructure Bank (WIIB).

Elba menambahkan, BI turut melakukan akselerasi aktivasi sistem informasi zakat dan wakaf serta mendukung pendirian International Awqaf Institute.

Bahkan membantu penyusunan kurikulum ekonomi dan keuangan syariah untuk berbagai jenjang tingkat pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved