Jokowi Dorong Ekspor Mobil Via Pelabuhan Patimban

Jokowi menjelaskan, Patimban yang jadi pelabuhan terbesar kedua setelah Tanjung Priok ini dibangun untuk memperbaiki daya saing Indonesia.

Jokowi Dorong Ekspor Mobil Via Pelabuhan Patimban
Biro Pers ?Media dan Informasi Sekretariat Presiden?
?Dua staf khusus (Stafsus) milenial, Putri Indahsari Tanjung dan Andi Taufan Garuda Putra mendampingi Presiden Jokowi ?dalam kunjungan kerjanya (Kunker) hari ini, Jumat (29/11/2019) ?di Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS, SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, akan mendorong ekspor mobil via Pelabuhan Patimban.

Jokowi menjelaskan, Patimban yang jadi pelabuhan terbesar kedua setelah Tanjung Priok ini dibangun untuk memperbaiki daya saing Indonesia.

"Ini semuanya dalam rangka memperbaiki daya saing kita, sehingga indeks daya saing kita jadi naik. Nanti ada pelabuhan khusus untuk mobil, sebagian besar untuk mobil karena kita ingin ini jadi sebuah hub besar untuk automotif di kawasan kita," ujarnya di Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Mobil-mobil tersebut, lanjut Jokowi, ditujukan ke pasar ekspor di kawasan, di antaranya Australia, New Zealand, dan negara di Asia Tenggara.

"Semua berangkat dari Pelabuhan Patimban ini," katanya.

Baca: Kunjungi Subang, Jokowi Targetkan Pelabuhan Patimban Tahap I Rampung Juni 2020

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menambahkan, progres pembangunan Patimban sudah sesuai target untuk fase I tahap I.

"Fase I tahap I itu sudah 60 persen. Rencananya akan dilakukan soft opening bulan juni 2020 untuk terminal kendaraan dengan panjang dermaga 150 meter dan kapasitas lapangan penumpukannya 109.000 completely built up (CBU) kendaraan," pungkasnya.

Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved