Sponsori PyCon 2019 di Surabaya, Alterra Fokus Bantu Wujudkan Infrastruktur Digital Indonesia

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia IT, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemprograman Python.

Sponsori PyCon 2019 di Surabaya, Alterra Fokus Bantu Wujudkan Infrastruktur Digital Indonesia
Ian Budi Kurniawan, Perwakilan Alterra dalam Opening PyCon Indonesia 2019 di Universitas Ciputra Surabaya. 

TRIBUNNEWS.COM - Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia IT, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemprograman Python. Bahasa pemrograman yang digunakan secara luas dalam komunitas ICT (Information Communications and Technology), industri, sains, pemerintahan, hingga edukasi. 

Bahasa pemrograman yang satu ini juga memiliki komunitas developer-nya tersendiri di Indonesia lho, yaitu Komunitas Python Indonesia. Nah baru-baru ini, tepatnya pada 23 November 2019, komunitas ini menggelar PyCon Indonesia, di Universitas Ciputra Surabaya. 

PyCon Indonesia merupakan salah satu konferensi Python terbesar di wilayah Asia-Pasifik yang diikuti oleh lebih dari 300 profesional, delegasi pelajar, hingga semua peminat Python dari Indonesia dan seluruh dunia, yang bersifat nonprofit. Tujuannya, untuk belajar mengenai perkembangan terbaru serta penerapannya dalam ekosistem Python.

Sekilas Tentang Alterra Indonesia

Sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada ekosistem billing dan pembayaran, Alterra Indonesia menjadi salah satu sponsor utama dalam PyCon Indonesia 2019.

Sebab, dalam hal ini apa yang dilakukan Komunitas Python Indonesia dirasa sejalan dengan visi dan misi Alterra yang berfokus pada teknologi ekosistem billing untuk membantu mewujudkan pemerataan infrastruktur digital di seluruh Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar saja. 

“Alterra Indonesia sendiri dibentuk sejak 2015 oleh dua Founder: Ananto Wibisono dan Jeffrey Joe. Mereka melihat permasalahan yang cukup pelik pada infrastruktur digital, di mana masih ada gap yang cukup besar dari kota-kota besar dan kota-kota lainnya di Indonesia,” jelas Ian Budi Kurniawan, Senior Business Analyst di Alterra, yang menjadi salah satu pembicara dalam opening PyCon Indonesia 2019 di Surabaya. 

Alterra Bills

Dalam sepak terjangnya di ekosistem billing, Alterra saat ini memiliki dua produk unggulan yaitu Alterra Bills dan Alterra Academy. Alterra Bills telah menjadi official aggregator dari semua penyedia telekomunikasi (telco), serta terhubung ke beragam penerbit tagihan dan metode pembayaran yang populer di Indonesia. 

“Lewat Alterra Bills yang dulunya bernama Sepulsa, Alterra saat ini telah memproses lebih dari 20 juta transaksi per bulannya,” ungkap Ian. 

Alterra Indonesia juga merupakan perusahaan teknologi yang berada di balik sekaligus mendukung layanan pembayaran yang tersedia di berbagai e-commerce, marketplace, fintech, hingga travel aggregator yang ada di Indonesia. 

Alterra Academy

Tidak hanya melaju dari sisi bisnis, Alterra Indonesia sejak 2018 mulai mengembangkan sayap untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui program Alterra Academy. 

Pada awalnya, menurut Ian, program Alterra Academy tercetus karena dalam proses mengembangkan Alterra sebagai sebuah start up, perusahaannya kesulitan dalam menemukan tech talent yang pas. Hal ini diasumsikan terjadi karena supply dan demand terhadap tech talent yang tidak seimbang, di era maraknya start up seperti sekarang ini. Sehingga, biaya yang harus dikeluarkan juga sangat tinggi.

Hal ini senada dengan yang juga dikemukakan oleh Dr. Ir. Inggriani Liem, seorang Software Developer, sekaligus pelatih dari Tim Olimpiade Komputer Indonesia, yang juga menjadi pembicara dalam Pycon Indonesia 2019.  “Kebutuhan akan developer di Indonesia dan seluruh dunia itu sangat banyak. Anak-anak muda kitalah yang bisa mengisi posisi itu.” Ujarnya. 

Dari permasalahan itulah, inisiatif Alterra Academy kemudian terbentuk. Alterra Indonesia menyediakan wadah bagi masyarakat Indonesia, apa pun latar belakangnya, baik IT ataupun non-IT, yang tertarik dengan teknologi dan mau menjadi engineer, untuk daftar dan belajar coding gratis di Alterra Academy yang berlokasi di Malang.

Ya, gratis! Bahkan Anda akan diberikan akomodasi selama akademi berlangsung, seperti penginapan hingga tiket transportasi apabila berasal dari luar kota, uang saku tiap bulan, dan mendapat pekerjaan setelah lulus. 

Di Alterra Academy, Anda akan mempelajari banyak hal terkait coding langsung dari ahlinya, selama 3 bulan. Bahasa pemrograman Python termasuk yang akan Anda pelajari lho di Alterra Academy. Fakta menariknya, 73% lulusan Alterra Academy berasal dari latar belakang non-IT lho, contohnya lulusan Biologi dan Teknik Perminyakan. 

Ke depannya, Alterra juga berencana untuk bekerja sama dengan banyak pihak termasuk Universitas Ciputra Surabaya dan ragam institusi yang membutuhkan tech talent andal dari Alterra Academy. 

Bagaimana, tertarik coba? 

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved