Begini Cara Dishub DKI Jakarta dan Bank DKI Percepat Layanan Uji KIR

Dalam rangka mempercepat Layanan pengujian KIR kendaraan bermotor, Bank DKI bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menciptakan Sistem

Begini Cara Dishub DKI Jakarta dan Bank DKI Percepat Layanan Uji KIR
TRIBUNNEWS/-
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, danDirektur Teknologi & Operasional Bank DKI Priagung Suprapto saat meninjau test kendaraan usai peresmian aplikasi booking online (E-KIR) dan sistem drivethru pelayanan uji KIR di Jakarta, (27/10/2016). Mekanisme pembayaran uji KIR bisa dilakukan melalui loket drivethru yang ada di PKB KIR, ATM Bank DKI, JakMobile Bank DKI, dan Virtual Account Bank DKI. Pembayaran uji KIR melalui digital channel Bank DKI ini merupakan bentuk dukungan Bank DKI terhadap less cash society yang didorong oleh Pemprov DKI. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mempercepat Layanan pengujian KIR kendaraan bermotor, Bank DKI bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menciptakan Sistem Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (Simpel PKB) pada awal September lalu.

“Melalui Simpel PKB, Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses uji KIR akan terpangkas jauh lebih cepat dibandingkan proses sebelumnya yang berkisar 1 s/d 2 jam menjadi 15 s/d 20 menit." Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, (2/12),

Simpel PKB sendiri terdiri dari 5 (lima) fitur yakni Pendaftaran Booking Online melalui aplikasi e-KIR Jakarta Booking, Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Daerah (SIMPAD), Integrasi Sistem Layanan dan Pemeriksaan Teknis, Smart Card atau Buku Uji Elektronik serta Dasboard Cek KIR, Sistem Data Monitoring (SIDAMON) PKB dan Portal PKB.

Baca: Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran TanamDuit, Ajak Milenial Berinvestasi

Dengan adanya kemudahan Simpel PKB, pemilik kendaraan niaga baik perorangan ataupun perusahaan dapat memenuhi kewajibannya untuk melaksanakan uji berkala KIR sehingga memberikan jaminan keselamatan & kenyamanan bagi pengguna kendaraan niaga untuk turut menciptakan kelestarian lingkungan dengan mengurangi tingkat polusi yang disebabkan oleh emisi kendaraan.

Setelah melakukan booking online, pemilik kendaraan niaga dapat langsung melakukan pembayaran secara non tunai melalui JakOne Mobile, EDC, ATM Bank DKI ataupun Cash Management System.

Secara eksklusif, perusahaan yang ingin melakukan uji KIR secara kolektif dapat menggunakan aplikasi layanan Cash Management System Bank DKI yang sudah terintegrasi dengan 4 (empat) Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) wilayah DKI Jakarta yakni Pulogadung, Ujung Menteng, Kedaung Kali Angke dan Cilincing.

Baca: Sinergi BUMD DKI, Cara Bank DKI Kembangkan Bisnis

“Kami bangga bahwa layanan ini merupakan yang pertama di Indonesia” tutup Herry. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Layanan e-KIR kolektif, masyarakat dapat mengakses melalui website http://kolektif-ekir.jakarta.go.id/.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved