Kemenhub Catat Penumpang MRT Lampaui Target hingga 100 Ribu Orang per Hari

MRT fase pertama telah beroperasi melayani penumpang dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Stasiun Lebak Bulus sejak Maret 2019 lalu.

Kemenhub Catat Penumpang MRT Lampaui Target hingga 100 Ribu Orang per Hari
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah pegiat literasi membaca buku saat kampanye #RuangBacaJakarta didalam Kereta MRT, Jakarta, Minggu, (8/9/2019). Kampanye ini merupakan gerakan MRT Jakarta untuk mendorong minat baca dan dan menjadikan membaca bagian dari gaya hidup masyarakat kota. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan jumlah penumpang moda raya terpadu (MRT) pada tahun ini mencapai 100 ribu penumpang. Angka ini melampaui target yang ditetapkan sebesar 65 ribu penumpang.

"Untuk MRT tahap 1 sudah bisa beroperasi. Kurang dari 8 bulan, penumpang cukup banyak sudah 100 ribu penumpang perhari. Lebih tinggi dari target sebesar 65 ribu," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri saat jumpa pers akhir tahun di kantornya, Kamis (5/12/2019).

MRT fase pertama telah beroperasi melayani penumpang dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Stasiun Lebak Bulus sejak Maret 2019 lalu.

Baca: Kecelakaan Maut di Tol Cipali, Dirjen Hubda Kemenhub: Kemungkinan Pengemudi Mengantuk

PT MRT Jakarta menargetkan jumlah penumpang MRT di 2020 mencapai 91 ribu orang per hari. Hingga 2023, PT MRT Jakarta menargetkan dapat mengangkut penumpang sebanyak 130 ribu penumpang per hari.

Zulfikri mengatakan penumpang MRT ditargetkan naik dua kali lipat saat MRT fase II dari Lebak Bulus-Kota beroperasi. MRT fase II diperkirakan akan beroperasi pada 2024 mendatang.

"Tentu ini akan lebih tinggi kalau kita perpanjang ke Kota. Saat ini tengah dilakukan pelelangan paket 1, kelanjutan sampai ke Sarinah sudah buat tender. 2024 sampai ke kota bisa beroperasi," kata Zulfikri.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved