Dipecat, Dirut Garuda Ari Ashkara Minta Dicarikan Moge Klasik Sejak 2018

Erick menyatakan secara tegas akan memberhentikan Ari Askhara dari posisi dirut Garuda sesuai prosedur

Dipecat, Dirut Garuda Ari Ashkara Minta Dicarikan Moge Klasik Sejak 2018
TRIBUN/HO
Dirut Garuda Indonesia Ari Askhara (kanan) bersama perancang busana Didiet Maulana (kiri) memberikan pemaparan saat perkenalan seragam tematik awak kabin Garuda Indonesia yang akan dikenakan secara khusus di layanan penerbangan spesial Garuda Indonesia bertajuk 'Tenun Flight' di Jakarta, Senin (14/10/2019). BMW Indonesia menjalin kerjasama strategis untuk brand premium dengan Garuda Indonesia. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Tohir memberhentikan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau akrab disapa Ari Askhara

Dirut Garuda ini terbukti menyelundupkan onderdil motor gede (moge) Harley Davidson. Penyelundupan oleh dirut Garuda itu melalui penerbangan maskapai pelat merah tersebut jenis Airbus A330-900 pada pertengahan November lalu. 

Erick mengatakan, ia telah menerima laporan dari Komite Audit dan menerima ada kesaksian tambahan bahwa moge tersebut milik dirut Garuda.

Baca : Dirut Garuda Dicopot, Kemenhub Mulai Beber Hal Janggal, Kata Erick Thohir Soal Pengganti Ari Ashkara

“AA (Ari Askhara, Dirut Garuda) memberi instruksi untuk mencari motor klasik Harley Davidson sejak tahun 2018. Moge (yang ditemukan) tahun 70-an, motor klasik."

"Pembelian dilakukan pada April 2019 dengan proses transfer dilakukan ke rekening pribadi Finance Manager Garuda di Amsterdam. Lalu saudara IJ membantu proses pengiriman dan lain-lain,” tutur Erick dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Kamis (5/12/2018). 

Baca: Kasus Dugaan Penyelundupan Harley, Kementerian BUMN Pecat Dirut Garuda Lewat RUPS

Karena itu, Erick menyatakan secara tegas akan memberhentikan Ari Askhara dari posisi dirut Garuda sesuai prosedur perusahaan yang merupakan perusahaan terbuka tersebut. 

Baca: Direktur Utama Garuda Ari Askhara Dipecat, Warganet Usulkan Susi Pudjiastuti Jadi Pengganti

“Saya sebagai Menteri BUMN akan memberhentikan saudara Dirut Garuda Ari Askhara dan kita akan terus melihat lagi oknum-oknum yang tersangkut dalam kasus ini,” tandas Erick.

Baca Juga: Kasus onderdil Harley Davidson selundupan, Sri Mulyani jelaskan kronologisnya

Ari Askhara baru satu tahun menjabat dirut Garuda. Ia terpilih menjadi dirut Garuda melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 12 September 2018 lalu.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved