Begini Strategi Warren Buffett Memilih Saham untuk Portofolio Investasinya

banyak investor memuji kemampuan Warren Buffett dalam memilih perusahaan dimana Buffett berinvestasi.

Begini Strategi Warren Buffett Memilih Saham untuk Portofolio Investasinya
CNBC
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett 

Laporan Reporter Kontan, Noverius Laoli 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsistensi Warren Buffett yang memegang teguh prinsip-prinsip investasi nilai telah membuatnya menjadi legenda.

Warren Buffett telah mengumpulkan kekayaan lebih dari US$ 80 miliar atau setara Rp 1.120 triliun selama beberapa dekade berkat konsistensinya mengikuti prinsip-prinsip investasi yang dia yakini.

Itu juga mengapa banyak investor memuji kemampuan Buffett dalam memilih perusahaan dimana Buffett berinvestasi.

Mengutip Investorpedia, untuk memahami filosofi investasi Warrent Buffett kita dapat menganalisis filosofi investasi perusahaan yang paling dekat hubungannya dengan Berkshire Hathaway, perusahaan Buffett.

Berkshire memiliki strategi yang telah lama dipegang dan dan diketahui publik dalam hal mengakuisisi saham sebuah perusahaan yakni perusahaan tersebut harus memiliki daya produktif yang konsisten, pengembalian ekuitas yang baik, manajemen yang cakap, serta dengan harga yang pantas.

Buffett memegang teguh prinsip investasi nilai, yang dipopulerkan oleh Benjamin Graham.

Investasi nilai melihat nilai intrinsik suatu saham daripada berfokus pada indikator teknis, seperti rata-rata bergerak, volume, atau indikator momentum.

Menentukan nilai intrinsik adalah latihan dalam memahami keuangan perusahaan, terutama dokumen resmi seperti pendapatan dan laporan laba rugi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang strategi investasi Buffett. Untuk membimbingnya dalam keputusannya, Buffett menggunakan beberapa pertimbangan utama untuk mengevaluasi daya tarik investasi yang mungkin.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved