Breaking News:

GoPay Gaet NU Terapkan QR Code untuk Kepentingan Sedekah

NU menerapkan kode Qris dari BI pada program Koin NU, sebagai awal QR untuk melalukan zakat, infaq dan sedekah

TRIBUNNEWS.COM/HARI
GoPay, dan Nahdlatul Ulama dalam peluncuran implementasi kode Qris dalam donasi menggunakan uang elektronik 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gojek dan GoPay memperkuat komitmen pertumbuhan ekonomi digital, dan inklusi keuangan lewat pemanfaatan teknologi.

GoPay memperdalam kerjasama dengan ekosistem Nahdlatul Ulama (NU), dalam bidang donasi non-tunai dengan mengimplementasikan QR Code Indonesian Standard (Qris) dari Bank Infonesia (BI) di kotak infaq.

Ketua NU Care Lazisnu, Achmad Sudrajat mengatakan dengan kerjasama ini lebih dari 90 juta warga NU, dapat bersedekah secara non-tunai melalui uang elektronik hanya dengan satu QR code.

Ia menambahkan, NU menerapkan kode Qris dari BI pada program Koin NU, sebagai awal QR untuk melalukan zakat, infaq dan sedekah.

Baca: Kolaborasi Karya Anak Bangsa Tarik Kuliner Tanah Air ke Panggung Internasional

"Selain itu penerapan Qris ini hasil kerjasama dengan Gojek dan Gopay, yang akan membuat seluruh warga NU memiliki tambahan pilihan bersedekah secara non-tunai," ucap Achmad di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Sebelumnya Gojek, GoPay dan NU juga telah melalukan kerja sama untuk implementasi donasi digital sejak Mei 2019. Sejak itu donasi digital melalui GoPay meningkat sebesar 4 kali lipat.

Head of Corporate Communication GoPay, Winny Triswandhani juga menjelaskan GoPay sangat berkomitmen mendukung implementasi Qris dari BI dalam donasi digital.

"Sebagai uang elektronik yang paling banyak dipakai di Indonesia, kami menduking penggunaan Qris, baik dalam usaha kami ataupun rekan donasi hingga ratusan ribu pesahang kecil binaan GoPay," ujar Winny.

Winny juga menambahkan, dengan adanya Qris ini tidak hanya mempermudah masyarakat menyalurkan sedekah, tetapi dapat juga membuka opsi pembayaran yang lebih lias.

Ria Swandito Asisten Direktur Divisi Perizinan SP dan Elektronifikasi KPw Bank Indonesia DKI Jakarta, menjelaskan Qris sendiri merupakan standar penggunaan QR code yang dirilis oleh Bank Indonesia, untuk kemudahan dalam pembayaran.

"Dengan adanya standar ini, pengguna dapat dengan mudah bertransaksi dengan berbagai aplikasi tetapi hanya menggunakan satu QR code sehingga tidak membingungkan dengan berbagai pilihan QR yang ada," kata Ria Swandito.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved