Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Minta Perhatikan Keselamatan Penerbangan

Polana mengatakan, sebagai regulator, pemerintah terus bekerja optimal untuk mewujudkan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman.

Potensi Hujan Tinggi, Kemenhub Minta Perhatikan Keselamatan Penerbangan
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi puncak musim hujan periode 2019/2020 di 342 Zona Musim (ZOM) diprakirakan umumnya terjadi pada Desember 2019 hingga Febuari 2020.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti, mengatakan tingginya potensi curah hujan pada Desember hingga Februari 2020 akan berdampak pada kemungkinan adanya delay maupun pengalihan tempat pendaratan pesawat (divert) dari rute tujuan yang seharusnya.

Polana berharap agar semua pihak, mulai dari regulator, pengelola bandara dan operator penerbangan serta pengelola navigasi penerbangan untuk bekerja maksimal mengantisipasi cuaca buruk yang terjadi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Kami mengimbau kepada semua pihak, baik regulator, pengelola bandara, dan operator untuk dapat bersinergi sekaligus mengantisipasi dan bekerja sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Polana dalam keterangannya, Kamis (19/12/2019).

Polana mengatakan, sebagai regulator, pemerintah terus bekerja optimal untuk mewujudkan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga akan terus melakukan pengawasan dengan terus kerja sama dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk mengantisipasi potensi cuaca buruk.

Polana menambahkan, untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019, Ditjen Hubud juga akan terus melakukan inspeksi terkait armada , personel, sarana dan prasarana serta prosedur.

Operator bandar udara dan operator penerbangan beserta seluruh stakeholder agar siap memberikan pelayanan yang terbaik dengan tetap berpegang kepada penerbangan yang Selamat, Aman dan Nyaman.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved