Banyak Pengusaha Incar Investasi Properti di Jepang Meski Harga Perumahan di Indonesia Stabil

Properti residensial telah menarik bagi orang Indonesia kaya dan sebagian lainnya sebagai perlindungan terhadap inflasi.

Banyak Pengusaha Incar Investasi Properti di Jepang Meski Harga Perumahan di Indonesia Stabil
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Proyek Toranomon Azabudai (TA) dengan ketinggian gedung 330 meter tahun 2023 mendatang di Tokyo yang dibuat oleh Mori Building Co.Ltd. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Global Property Guide (GPG) belum lama ini mengungkapkan harga pasar perumahan di Indonesia adalah gambaran stabilitas.

Indeks harga properti (16 kota besar) naik 3,14 persen dibandingkan tahun 2018.

"Namun harga properti sebenarnya jatuh sedikit, ketika disesuaikan dengan inflasi," tulis GPG.

Selama kuartal terakhir, harga properti residensial naik tipis 0,5 persen (tidak berubah ketika disesuaikan dengan inflasi).

Properti residensial telah menarik bagi orang Indonesia kaya dan sebagian lainnya sebagai perlindungan terhadap inflasi.

Tujuh belas dari 18 kota besar di Indonesia mengalami kenaikan harga properti nominal.

Baca: Arus Balik Warga Jepang Kembali ke Kota Besar Capai 160 Persen dari Kapasitas Shinkansen

Baca: Popularitas Nintendo Meningkat Drastis Bagi Calon Pencari Kerja di Jepang

Namun, ketika inflasi dipertimbangkan, hanya enam kota yang benar-benar mencatat kenaikan nilainya, mulai dari hanya 0,05 persen untuk Pekanbaru hingga 1,6 persen untuk Bandung.

Stabilitas harga properti di Indonesia, walau agak menurun bila mempertimbangkan inflasi, ternyata membuat beberapa pengusaha kaya Indonesia mengincar properti di Jepang.

Beberapa hotel dan resort ingin dijual di Jepang termasuk sebuah hotel di Ginza dengan harga sekitar 4 miliar yen.

"Menarik sekali investasi di Jepang karena semua orang dari berbagai negara pasti menyukai Jepang," ungkap seorang pengusaha kaya Indonesia yang tak mau disebutkan namanya kepada Tribunnews.com, Senin (6/1/2020).

Beberapa resort dan hotel yang mau dijual di Jepang antara lain juga ada di Yokohama, Fujisawa, Itami, Hakone, Kyoto dan sebagainya.

Baca: Pembukaan Pasar Ikan Toyosu Jepang, Ikan Tuna Seberat 276 Kg Terjual 193,2 Juta Yen

Baca: Bonus Pegawai Negeri Paruh Waktu, Pemerintah Jepang Siapkan 170 Miliar Yen

"Banyak pengusaha Jepang ingin mencari sinergi dengan pengusaha Indonesia misalnya bidang spa dimasukkan ke hotel yang ada di Jepang," ungkap K Hayashi, seorang pengusaha Jepang kepada Tribunnews.com.

Bagi yang tertarik kepada properti di Jepang, beberapa properti yang tengah ditawarkan dan harga menarik saat ini dapat mengirimkan email ke: properti@jepang.com

Seorang pengusaha kaya Indonesia telah membeli sebuah properti menarik di tengah kota Tokyo tahun 2019 dan tampaknya masih terus mengincar beberapa properti lainnya di Jepang hingga saat ini.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved