Nataru, 16 Bandara Angkasa Pura II Tampung 5,3 Juta Penumpang

Puncak arus penumpang libur natal dan tahun baru 2020 terjadi pada 20 Desember 2019, tercatat sebanyak 322.644 penumpang.

Nataru, 16 Bandara Angkasa Pura II Tampung 5,3 Juta Penumpang
Twitter/HLP_AP2
Pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatatkan selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020, jumlah penumpang yang lalu lalang di 16 bandara yang dikelolanya mencapai 5,3 juta penumpang.

“Secara keseluruhan operasional dan layanan bandara selama periode natal dan tahun baru 2020 sangat lancar, dan ini hari terakhir jadi secara resmi posko kita tutup dengan jumlah pax (penumpang) mencapai lebih dari 5,3 juta penumpang,” ujar President Director AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Awaluddin menjelaskan, pelaksanaan angkutan Nataru tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca: Perantara Suap Direktur Keuangan Angkasa Pura II Divonis 16 Bulan Penjara

Menurutnya, tahun ini telah hadir posko digital angkutan natal dan tahun baru guna memantau seluruh aktivitas bandara serta mengkoordinasikan para personil keamanan dan pelayanan guna merespons berbagai isu.

Selain itu, lanjutnya, penyajian data frekwensi penerbangan dan jumlah penumpang yang dapat diperoleh secara realtime.

“Untuk periode natal dan tahun baru kali ini kita bisa langsung tahu jumlah pergerakan pesawat, jumlah penumpang, sampai data kargo dan juga data On Time Performance (OTP) setiap Maskapai dan Bandara. Semua datanya realtime,” jelas Awaluddin.

Sementara itu, puncak arus penumpang libur natal dan tahun baru 2020 terjadi pada 20 Desember 2019, tercatat sebanyak 322.644 penumpang.

Sedangkan puncak arus balik libur natal dan tahun baru 2020 terjadi pada 5 Januari 2020, tercatat sebanyak 318.752 penumpang.

Lebih lanjut, pergerakan pesawat selama periode natal dan tahun baru 2020 mencapai 40.175 pergerakan dengan didominasi oleh penerbangan domestik.

Adapun lima tujuan terfavorit untuk penerbangan internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Jeddah, dan Penang. Untuk 5 tujuan terfavorit penerbangan domestik antara lain Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makassar, dan Semarang.

“Dengan berakhirnya periode natal dan tahun baru 2020 kami berharap pelanggan merasa nyaman dengan layanan yang kami berikan. Harapan kami agar seluruh penumpang bisa merasakan travel experience yang berbeda diseluruh bandara AP II,” kata Awaluddin.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved