Ekspor Produk UMKM Tahun Ini Berpeluang Naik 18,12 persen

Diproyeksikan pada 2020, potensi kenaikan ekspor UMKM mencapai 18,12 persen dan kontribusi UMKM terhadap PDB sebesar 61 persen.

Ekspor Produk UMKM Tahun Ini Berpeluang Naik 18,12 persen
TRIBUNNEWS/REYNAS
Menteri Koperasi dan UKM Tenten Masduki di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (8/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop) Tenten Masduki bertekad mengejar potensi kenaikan ekspor produk UMKM dan kontribusi PDB UMKM melalui program-program prioritas yang dijalankan 2020.

Diproyeksikan pada 2020, potensi kenaikan ekspor UMKM mencapai 18,12 persen dan kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61 persen.

“Ini angka ambisius dari target 30 persen ekspor produk UMKM di 2024. Juga terkait peningkatan jumlah koperasi modern dan terwujudnya UMKM naik kelas,” kata dia di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Teten juga menargetkan dalam waktu dekat akan membangun rumah produksi bersama di sentra industri kecil dan menengah yang melibatkan koperasi, swasta atau pemda.

UMKM dapat memproduksi barang secara bersama dengan kualitas dan brand yang kuat.

Pengembangan produk UMKM dilakukan di destinasi pariwisata khususnya di lima destinasi wisata super prioritas, yakni Kabupaten Manggarai Barat (Labuan Bajo), Kabupaten Lombok Tengah (Mandalika), Kabupaten Toba Samosir (Danau Toba), Kabupaten Magelang (Borobudur), Kabupaten Minahasa (Likupang).

Baca: UMKM Korban Banjir Dijanjikan Bantuan Tambahan Modal

“Kementerian Koperasi dan UKM siap menjalankan semua program strategis bersama para pejuang koperasi, pelaku UMKM Indonesia agar menjadi pemain dalam pasar dunia dan masuk dalam global value chain,” terang Teten.

Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM fokus menggerakkan dan memajukan Smesco Indonesia sebagai Center of Excellence dan Commercial Hub dari UKM Champion Indonesia.

​Gedung Smesco diharapkan semakin ramai pengunjung dan dapat terus memfasilitasi para pelaku UKM dengan aneka program dan kontennya.

Gedung Sarinah juga rencananya bakal menjadi simbol kerja sama lintas stakeholder dari UKM Indonesia sampai ke pasar global.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved