Breaking News:

Ini Rahasia Bill Gates Membangun Kekayaan, Bahkan Setelah Pensiun

Meskipun telah menyumbang kekayaannya dalam jumlah yang sangat besar, Gates masih menduduki orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos

THE VERGE
Bill Gates 

Laporan Reporter Kontan, Noverius Laoli 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA Bill Gates tetap memiliki kekayaan lebih dari US$ 114 miliar atau setara Rp 1.561 triliun (kurs Rp 13.700 per dolar AS).  Kekayaan Gates seolah tak pernah turun meskipun ia telah pensiun 20 tahun lalu.

Sebelum pensiun ,Gates adalah CEO Microsoft, perusahaan yang ia dirikan bersama Paul Allen pada tahun 1975 dan menjadikan perusahaan itu sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

Mengutip, Newsweek, pada 2017, Gates menyumbang 64 juta saham Microsoftnya, senilai sekitar US$ 4,6 miliar, yang mengurangi kepemilikannya menjadi tinggal 1% lagi di Microsoft

Gates, 64 tahun, juga telah menyumbang uangnya ke badan amal filantropis yang ia jalankan bersama Istrinya, Yayasan Bill & Melinda Gates, yang membantu memberantas penyakit dan meningkatkan perawatan kesehatan di negara-negara berkembang.

Meskipun telah menyumbang kekayaannya dalam jumlah yang sangat besar, Gates masih menduduki orang terkaya kedua di dunia setelah Jeff Bezos, pendiri Amazon.

Nah hal itu menimbulkan pertanyaannya, bagaimana Gates bisa mempertahankan kekayaannya yang sangat besar?

Sisa saham Gates di Microsoft  yang tinggal 1%  lagi itu nilainya mencapai sekitar US$ 7 miliar atau setara Rp 95 triliun, seperti dilaporkan Business Insider. 

Baca: Windows 7 Resmi Berakhir, Berikut Cara Upgrade ke Windows 10 untuk Melindungi PC/Laptop dari Malware

Sementara itu, Yayasan Bill & Melinda Gates memiliki aset lebih dari US$ 40 miliar atau setara Rp 548 triliun.  Gates memiliki entitas bernama Cascade Investment untuk mengelola kekayaan pribadinya, seperti dilansir surat kabar Financial Times (FT).

Baca: Windows 7 Dihentikan, Begini Cara Mudah untuk Upgrade ke Windows 10

Melalui Cascade, Gates dilaporkan memiliki 47% saham di jaringan hotel Four Seasons dan memiliki saham di kelompok Berkshire Hathaway, yang dimiliki oleh Warren Buffett.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved