Gerakkan Ekonomi Umat, RBM Susu Gandeng Dewan Masjid dan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah

Agus menambahkan, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat harus selalu diupayakan dari berbagai ikhtiar.

Gerakkan Ekonomi Umat, RBM Susu Gandeng Dewan Masjid dan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah
Warta Kota/Feryanto Hadi
RBM Susu Nusantara menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) dan Dewan Masjid Indonesia Pusat, Rabu (5/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guna menggerakkan ekonomi umat Islam dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, RBM Susu Nusantara teken Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) dan Dewan Masjid Indonesia Pusat.

"Terkait dengan MoU ini, tujuan kita adalah soal menjaga lingkungan sekaligus ingin memajukan, menggerakkan dan menyelamatkan UMKM kita," ujar Direktur PT RBM Susu Nusantara, Agus A Mile setelah penandatanganan MoU di Aula Buya Hamka DP MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Kerjasama yang dilakukan salah satunya soal pembentukan bank sampah di masjid-masjid. "Guna menjaga kebersihan lingkungan, kita sebagai produsen susu kambing selalu menggunakan plastik. Maka kemudian kami berinisiatif menciptakan bank sampah, utamanya di masjid-masjid di Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Baca: Bermula dari Saling Ejek, Pelajar SMP di Sidikalang Meninggal Usai Duel dengan Teman Sekolahnya

Baca: Iis Dahlia Bongkar Rahasia Hot di Ranjang, Ini Reaksi Suami Saat Diajak ke Hotel Tarif Perjam

Nantinya, sampah yang masuk di bank sampah masjid-masjid tersebut akan dibeli oleh pihak RBM sehingga dana hasil penjualan sampah bisa bermanfaat. "Di Jabodetabek kita proyeksikan akan ada 13 ribu masjid yang memiliki bank sampah. Nanti kami akan ambil sampah itu kembali dan kami beli sampah itu," ungkapnya.

Agus menambahkan, peningkatan dan pemberdayaan ekonomi umat harus selalu diupayakan dari berbagai ikhtiar. Baik dari sektor formal maupun informal. Tujuannya, agar keberdayaan umat bisa bangkit dari sedikit demi sedikit

Termasuk dari masjid-pun bisa dibangkitkan ekonomi umat. Karena umat Islam tidak bisa dilepaskan dari rumah ibadahnya yakni masjid yang setiap hari minimal 5 kali dalam sehari didatangi," katanya.

Baca: Hotma Pengacara Sopir Taksi Diduga Korban Salah Tangkap Ungkap Kejanggalan Saat Polisi Amankan Golok

Azrul Tanjung, Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Syari'ah (PINBAS) MUI menuturkan, Masjid juga harus bisa berperan memberdayakan umat dari sektor ekonomi, meskipun dalam skala mikro. "Tapi kalau bisa dilakukan secara berjamaah, maka dampaknya akan luar biasa," katanya.

Pada kesempatan ini, pihaknya juga mengundang 100 UMKM binaan dan masjid-masjid di Jakarta untuk menggerakkan ekonomi yang paling bawah. "Nantinya mereka akan menjadi agen khusus yang akan menggerakkan masjid dan UMKM," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Susu RBM Gandeng Dewan Masjid Gagas Pemberdayaan UMKM di Tiap Masjid

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved