Cari Mitra Strategis, AP II Tawarkan Hak Konsesi Bandara Kualanamu Selama 25 Tahun

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mencari mitra strategis untuk mengelola Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang

Cari Mitra Strategis, AP II Tawarkan Hak Konsesi Bandara Kualanamu Selama 25 Tahun
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mencari mitra strategis untuk mengelola Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Hal tersebut demi menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub internasional berkelas dunia seperti Soekarno-Hatta, Kuala Lumpur International Airport dan Singapore Changi Airport

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, saat ini pihaknya telah merilis amandemen dari Dokumen Permintaan Proposal (Request for Proposal/RfP). Penyampaian RfP bagi calon mitra stategis ini ditargetkan berakhir pada 22 Juni 2020 mendatang.

"Hari ini kita secara resmi launching RfP untuk Kualanamu. Pada 10 Januari kita perbarui beberapa amandemen di dokumen penawaran. Hari ini sudah bisa pastikan kita extend (perpanjang) proses ini di jadwal tertentu rencananya 22 juni dokumen penawaran sudah masuk," kata Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Cengkareng, Senin (10/2/2020).

Dia melanjutkan, setelah proses pengiriman proposal selesai, mitra strategis yang terpilih akan menjadi pemegang saham di PT Angkasa Pura Aviasi.

Porsi kepemilihan saham di perusahaan ini yakni PT Angkasa Pura minimum 51 persen dan mitra strategis maksimum 49 persen.

Awaluddin menjelaskan, saat ini sudah ada 39 perusahaan yang mengirimkan level of interest untuk mega proyek ini, di antaranya berasal dari Asia Timur, Asia Barat dan Eropa.

"Dari 39 itu dari dalam negeri 8. Jadi mostly (kebanyakan) dari luar negeri," ucapnya.

Selain itu, PT Angkasa Pura Aviasi ini nantinya yang akan mengelola Bandara Internasional Kualanamu dengan masa konsesi 25 tahun.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved