Ruas Tol Banda Aceh-Sigli Diperkirakan Bisa Beroperasi Saat Lebaran 2020

Seksi IV ruas tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 Km diproyeksikan bisa digunakan pada musim Lebaran tahun 2020 mendatang.

Ruas Tol Banda Aceh-Sigli Diperkirakan Bisa Beroperasi Saat Lebaran 2020
SETPRES
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli seksi IV dari Indahpuri-Blang Bintang, di Aceh Besar, Jumat (21/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, ACEH BESAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan seksi IV ruas tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 Km bisa digunakan pada musim Lebaran tahun 2020 mendatang.

"Sudah dijawab Pak Dirut (Hutama Karya, Bintang Perbowo) bisa. Insya Allah bisa (digunakan Lebaran)," kata Jokowi saat meninjau progres pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli seksi IV dari Indahpuri-Blang Bintang, di Aceh Besar, Jumat (21/2/2020).

Ruas tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km dikerjakan dalam enam seksi yakni, Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,2 km, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 km, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 km, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 km, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 km.

Presiden mengapresiasi proyek pembebasan lahan untuk proyek tol Banda Aceh-Sigli ini berjalan baik.

"Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya cepat. Saya kira proses konstruksinya juga harus mengejar," kata Jokowi.

Baca: Sopir Ungkap Kebaikan Almarhum Ashraf Sinclair, Suka Memberi Makan Kucing di Mana Saja

Jokowi mengatakan, cepatnya proses pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan tersebut disebabkan karena seluruh pihak terkait bekerja dengan sangat baik. 

Baca: New Alphard dan New Vellfire Kini Dilengkapi Fitur Keselamatan Tertinggi, Toyota Safety Sense

Elemen pemerintah daerah, kata Jokowi, juga pelaksana kontraktor, memberikan penjelasan yang sangat baik kepada masyarakat terkait manfaat pembangunan jalan tol tersebut bagi masyarakat setempat.

"Karena semua lah. Gubernur bupatinya, menjelaskan ke masyarakat dari pelaksana HK juga memberikan penjelasan yg baik. BPN juga. Semuanya lah. Ini baru 14 bulan lho mulai ground breaking ke sini," ujarnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved