Soal Kendala Tol Laut, Kemenhub Akui Banyaknya Pelabuhan yang Belum Memenuhi Standar

"Pekerjaan rumah ini seperti masih adanya pelabuhan di daerah yang belum memenuhi standar," katanya

Tribunnews.com/Hari Darmawan
Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Direktorat Jendereal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Wisnu Handoko (kiri), Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati (kanan), di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (12/3/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Wisnu Handoko mengakui miliki banyak pekerjaan rumah dalam mengembangkan pelabuhan yang berkaitan dengan tol laut.

"Pekerjaan rumah ini seperti masih adanya pelabuhan di daerah yang belum memenuhi standar, contohnya Tidore, Raha, dan Dobo," kata Wisnu di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca: Tim Patroli Laut Bea Cukai Riau Gagalkan Penyelundupan Barang Impor

Ia mengatakan, di daerah tersebut hanya bisa bersandar paling dua kapal dengan ukuran besar.

Kalau sudah ada kapal perintis dan ataupun kapal tol laut yang bersandar tidak bisa.

"Terlebih lagi distribusi ke daerah tersebut sangatlah tinggi, tetapi pelabuhannya tidak memadai. Distribusi barang ke daerah itu mencapai diatas 700 ton lebih pada 2019," ujar Wisnu.

Ia menambahkan, tentunya pengembangan pelabuhan perlu dilakukan untuk mengantisipasi semakin tingginya kebutuhan masyarakat di Indonesia bagian timur, dan untuk tahap berkembangnya tol laut.

"Maka dari itu perbaikan dan pengembangan pelabuhan, harus dilakukan agar nantinya imbang, karena aktivitas di pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal tol laut akan meningkat dengan adanya subsidi," ucap Wisnu.

Baca: Persiapan Angkutan Lebaran 2020, Kemenhub Gelar Uji Petik Kapal Penumpang

Menurut data Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada 2019, jumlah titik pelabuhan yang disandari kapal tol laut sebanyak 76 pelabuhan.

Kini pada pada 2020 Kemenhub mencatat nantinya, akan ada sebanyak 99 titik pelabuhan yang disandarkan kapal tol laut.

Berita Populer
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved